23.2 C
Yogyakarta
Rabu, Mei 15, 2024

Subardi Realisasikan Seluruh Program Aspirasi Sepanjang 2023

Anggota DPR RI F-NasDem Subardi merilis rekap kinerjanya sepanjang tahun 2023. Hasilnya, seluruh aspirasi yang masuk berhasil direalisasikan. Program-program tersebut berupa pembangunan fisik di dusun-dusun di lima Kabupaten/Kota se-Provinsi DIY dan program pemberdayaan berupa pelatihan wirausaha dan bantuan akses modal usaha.

“Sepanjang tahun 2023 seluruh aspirasi yang masuk sudah tuntas semua. Aspirasi tersebut berupa pembangunan infrastruktur atau pemberdayaan ekonomi,” Kata Subardi dalam forum ‘Evaluasi dan Proyeksi Rumah Aspirasi Subardi’ di kantor Subardi Center, Papringan, Caturtunggal, Sleman, DIY, Senin (1/1/2024).

Subardi yang juga Ketua DPW NasDem DIY itu selalu merekap kinerjanya di akhir tahun sebagai bentuk transparansi. Di tahun 2023, Subardi mengaku fokus pada program aspirasi yang lebih komprehensif dan menjangkau ratusan warga di satu dusun.

Salah satu contoh, ia membangun bantuan pipanisasi air bersih di padukuhan Gendol Kulon, Kalurahan Sumber Rejo, Tempel, Kabupaten Sleman. Bantuan pipanisasi mengaliri 300 rumah atau Kepala Keluarga (KK) di Kalurahan Sumber Rejo. Sebelumnya, masyarakat kerap kesulitan air bersih saat musim kemarau. Selain Sumber Rejo, sejumlah dusun lainnya juga mendapat bantuan pipanisasi. Diantaranya dusun Nanas, Pugeran, Ngrombo dan Pugeran di Kalurahan Tileng, Girisubo, Gunungkidul.

“Tahun 2023 program aspirasi saya lebih komprehensif. Sekali program bisa mencakup puluhan hingga ratusan warga di satu dusun. Ini tentu sesuai harapan masyarakat, terutama yang sering dilanda kekeringan. Sekarang sudah aman, sudah dibangun jaringan pipa yang panjang ke sumber air,” tambah Mbah Bardi.

Selain pipanisasi, Subardi juga merealisasikan pembangunan fisik seperti pembangunan jalan aspal dan cor beton, pembangunan balai dusun, aula makam, balai kesenian hingga gedung sekolah PAUD.

Di Banyuroto Kulonprogo, misalnya. Di kaki perbukitan Menoreh itu Mbah Bardi membangun jalan cor beton yang tersebar di 8 dusun. Sementara di Kapanewon Patuk, Wonosari, dan Playen Gunungkidul, sedikitnya terdapat bantuan pembangunan 12 balai dusun.

Catatan kinerja pembangunan Subardi sepanjang 2023 tersebar di lima kabupaten kota se-DIY. Kabupaten Gunungkidul menjadi yang terbanyak dengan pembangunan di 84 dusun, disusul Sleman 38 dusun, Kulonprogo 30 dusun, Bantul 10 dusun, dan Kota Yogyakarta 1 dusun.

Subardi berharap melalui rekap kinerja ini masyarakat bisa merasakan manfaat dari kehadirannya sebagai wakil rakyat Dapil DIY. Seluruh pembangunan berbasis aspirasi itu dilakukan dengan metode buttom up, atau sesuai kebutuhan masyarakat.

“Saya selalu transparan dan melaporkan kinerja tahunan kepada masyarakat. Komitmen saya bahwa perjuangan di jalur politik haruslah memberi manfaat. Saat ini, tahun politik atau tidak, aspirasi masyarakat wajib kita tunaikan,” tutup Caleg DPR RI Partai NasDem No urut 1 itu. (NK)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles