24.2 C
Yogyakarta
Rabu, Mei 15, 2024

Warga Piyoyon dan Banyumanik Kini Miliki Jalan Antar Padukuhan

Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Subardi meninjau progres pembangunan jalan antar padukuhan di Kalurahan Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Pembangunan ini merupakan program aspirasinya.

Ketua DPW NasDem DIY itu menuturkan, pembangunan jalan ini berawal dari keinginan warga agar memiliki akses jalan yang menghubungkan Padukuhan Piyoyon dan Padukuhan Banyumanik, Desa atau Kalurahan Pacarejo. Selama puluhan tahun, warga tidak memiliki akses jalan tersebut karena terhalang hutan. Kali ini, harapan itu terlaksana melalui program aspirasi Subardi.

“Puluhan tahun warga harus mutar nyari jalan. Dua dusun itu memang terdapat hutan jadi tidak bisa sembarangan dibangun. Nah saya ajukan permohonan izin. Saya kawal sendiri. Sekarang sudah turun izinnya dan sekalian langsung saya bangun,” kata Subardi saat meninjau lokasi pembangunan jalan bersama Suharno, Wakil Ketua DPRD Gunungkidul sekaligus Sekretaris DPW NasDem DIY, Sabtu (23/9/2023).

Sebelumnya, warga beberapa kali mengajukan permohonan pembangunan jalan ke dinas-dinas terkait, namun tak kunjung ada solusi. Kini, setelah diperjuangkan Subardi, izin akses pembangunan jalan telah dikeluarkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gunungkidul.

Saat ini, pembangunan jalan masih dalam tahapan pengerasan fondasi. Subardi memberikan bantuan kepros atau batu putih agar tidak becek saat hujan tiba. Subardi menyalurkan bantuan kepros itu sepanjang 1,8 kilometer. Warga tampak antusias membantu pengerjaan jalan, bergotong royong meratakan batu. Selanjutnya, Subardi akan menurunkan alat berat sebagai persiapan pembangunan jalan menggunakan cor beton.

“Perizinan dari Dinas Kehutanan sudah clear. Ini bantuan kepros untuk meratakan dulu. Setelah diratakan dipadatkan, lalu nanti dengan cor beton. Jadi nanti warga gak perlu muter nyari jalan sampai 5 kilometer lagi,” kata Subardi.

Kepala Dusun atau Dukuh dari Piyoyon dan Banyumanik, Desa Pacarejo mengucapkan terima kasih atas pembangunan jalan. Menurutnya, warga senang karena dilibatkan langsung bersama Subardi, sejak awal penyampaian aspirasi hingga pembangunan fondasi. Jalan ini akan menjadi satu-satunya akses keluar masuk warga di dua Padukuhan tersebut.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Mbah Bardi DPR RI yang telah membangun akses jalan untuk dua padukuhan ini. Kata Feri Febriyanto selaku Dukuh Piyoyon.

“Setelah dibangun, kami akan rawat jalan ini dengan baik sampai anak cucu kami,” tutup Giyanto selaku Dukuh Banyumanik. (IS)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles