25.5 C
Yogyakarta
Sabtu, Juli 27, 2024

Serap Aspirasi, Legislator NasDem Akan Bantu Ribuan Bibit Ikan

Anggota Komisi B DPRD DIY, Widi Sutikno menggelar sosialisasi peningkatan sumber daya ikan lokal. Agenda ini melibatkan kelompok budidaya ikan dari Karang Taruna Eka Bakti Aryasatya (EBA), Kalurahan Mororejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman.

Menurut Widi, peningkatan produksi ikan di perairan darat (air tawar) dilakukan dengan cara penambahan bibit ikan sekaligus pelestarian ekosistemnya. Dua langkah ini merupakan solusi terpadu agar populasi ikan meningkat signifikan.

“Tambah bibitnya, lestarikan ekosistemnya. Dengan cara itu populasinya naik dan ekosistemnya terjaga,” kata Widi di Sekretariat EBA, Kalurahan Mororejo, Senin (7/3).

Widi bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Bersama mitranya di Komisi B, politisi NasDem itu menyerap aspirasi perihal kebutuhan apa yang diharapkan. Hasilnya, Widi akan menyalurkan bantuan sebanyak 6.685 ekor ikan dan udang. Ribuan bibit ikan masing-masing merupakan ikan jenis Nilem dan Wader, serta Udang jenis Galah. Seluruh bantuan tersebut nantinya akan ditebar di embung Mororejo.

“Setelah sosialiasi akan ada bantuan ikan dan udang sebanyak 6.685 ekor untuk diberdayakan masyarakat. Ini baru langkah pertama. Kegiatan ini sifatnya berkelanjutan,” terang Widi Sutikno yang juga mantan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sleman tahun 2013-2017.

Untuk menjaga kelestarian ekosistem budidaya ikan, Widi bersama Dinas Perikanan akan menyusun program pendampingan dan edukasi. Widi mengakui fokusnya adalah meningkatkan ikan jenis lokal karena populasinya terus menurun. Ia berjanji dalam waktu dekat ribuan bibit ikan akan disalurkan. Langkah ini akan mendorong pelaku budidaya ikan semakin produktif.

“Kalau produksi ikan melimpah, masyarakat akan produktif. Ekonomi masyarakat jadi lancar,” pungkas Widi. (IS).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles