22.5 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Oleg Yohan Gelar Pasar Rakyat Pulihkan Ekonomi Lokal

Wakil Ketua Komisi B DPRD Yogyakarta, Oleg Yohan memiliki cara tersendiri untuk memulihkan ekonomi masyarakat. Politisi NasDem itu menggandeng Forum Komunikasi UMKM Tegalrejo menggelar pasar rakyat setiap minggu pagi di depan Kalurahan Bener, Kemantren Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Menurut Oleg, pasar rakyat akan membangkitkan ekonomi masyarakat karena melibatkan banyak kelompok penjual dan pembeli. Para pelaku ekonomi kecil yang sebelumnya kesulitan menaikkan omset, kini terbantu dengan banyaknya masyarakat yang datang.

“Pasar rakyat mampu menggerakkan ekonomi lokal. Perputaran ekonomi langsung terjadi saat itu juga, yakni dari kita untuk kita. Ini menjadi fokus saya di Komisi B yang membidangi UMKM agar para pelaku ekonomi kecil tidak lumpuh,” Kata Oleg saat melihat suasana pasar rakyat, Minggu (2/1).

Berkat aspirasi Oleg, pasar rakyat kini terus berkembang. Saat ini Pemerintah Kemantren Tegalrejo menyediakan meja dan payung lapak secara gratis kepada lebih dari 15 penjual yang berjejer di sepanjang jalan depan kantor Kalurahan Bener. Mayoritas pedagang menjual aneka kuliner, baik makanan olahan maupun siap saji. Ada pula pedagang bibit tanaman hias dan bibit pohon.

“Sebenarnya pasar rakyat ini sudah pernah ada tetapi vakum selama dua tahun. Saya usulkan ke Pemerintah Tegalrejo untuk dibuka kembali. Saya kawal setiap minggu agar terus berkembang. Apa yang perlu dibenahi kita benahi, jangan sampai gagal lagi. Alhamdulillah, saat ini semua pedagang sudah difasilitasi kios,” imbuhnya.

Sementara Ketua Forkom UMKM Tegalrejo, Agustinus Suseno mengaku senang atas perkembangan pasar rakyat. Menurutnya, dari penjualan tersebut, pedagang mendapat omset rata-rata hingga 500 ribu.

“kami berjualan dari pagi sampai menjelang duhur. Ada yang dapat omset 200 ribu, ada yang sampai 500 ribu. Saya lihat banyak masyarakat dari luar sini yang datang. Terima kasih Pak Oleg sudah membersamai kami untuk berjualan lagi,” kata Agustinus mewakili kelompok pedagang.

Pemerintah Kemantren Tegalrejo melalui Kepala Jawat Kemakmuran, Ruslina Syahriani mendukung penuh program aspirasi melalui pasar rakyat setiap minggu pagi. “Ini ide bagus. Dampaknya ekonominya langsung terasa,” kata Rusliana. (IS).

Suasana pasar rakyat di Kalurahan Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles