25.5 C
Yogyakarta
Sabtu, Juli 27, 2024

Ketua NasDem Bantul Jabat Ketua Dekopinda

Ketua DPD NasDem Kabupaten Bantul, Bibit Rustamta terpilih sebagai Ketua Dekopinda (Dewan Koperasi Indonesia Daerah) Kabupaten Bantul periode 2021-2025. Jabatan ini disematkan kepada Anggota DPRD Bantul itu melalui forum Musyawarah Daerah pada tanggal 19 Juni 2021 di gedung induk Parasamya Bantul. Bibit Rustamta menjadi calon tunggal yang terpilih melalui kesepakatan forum (aklamasi).

Usai penetapan, Bibit mengaku siap menjalankan kepemimpinannya hingga 5 tahun kedepan. Misinya adalah peningkatan kemampuan usaha seluruh anggota Koperasi. Tercatat ada 352 Koperasi di Bantul yang tergabung sebagai anggota Dekopinda.

“Fokus utama saya adalah meningkatkan kemampuan usaha Koperasi, kualitas kelembagaan, dan kesejahteraan anggota,” jelasnya.

Dekopinda Bantul kini mempersiapkan program-program andalan untuk meningkatkan kemampuan usaha Koperasi. Ada tujuh hal yang akan mendukung reformasi Dekopinda Bantul ini, diantaranya menjadikan Dekopinda sebagai satu-satunya wadah gerakan Koperasi; memperluas networking dan kemitraan; advokasi dan pendampingan anggota; pengelolaan database dan tertib administrasi.

“Melalui Dekopinda, program-program tersebut akan meningkatkan ekonomi lokal serta mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Bantul. Kuncinya tetap berpegang pada asas kelekuargaan dan gotong royong,” tegasnya.

Dalam kepemimpinannya, Bibit menyadari tidak mungkin bergerak sendiri. Pihaknya akan menggandeng Pemerintah Daerah dalam menyukseskan beberapa program Koperasi, terutama peningkatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Saat ini banyak pelaku UMKM yang mampu bertahan memanfaatkan pasar online. Kemitraan berbasis online, diakui Bibit, akan berdampak pada peningkatan ekonomi anggota koperasi sekaligus para pelaku usaha kecil. Langkah ini akan mendorong Koperasi berkembang mengikuti perkembangan era ekonomi digital.

“Kita harus mengakui banyak UMKM yang mampu bertahan lantaran terhubung dengan platform online. Bahkan ada yang tumbuh juga. Kami akan masuk kesitu (ekonomi digital) agar Koperasi adaptif dan turut memberdayakan para pelaku usaha kecil,” pungkas Bibit. (DN).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles