22.5 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Pengajuan Paten Hingga 6 Tahun Terlalu Lama

Anggota Pansus RUU Paten Subardi menyoroti masa tunggu pengajuan hak paten yang terlalu lama hingga mencapat 6 tahun. Pernyataan ini merespon keluhan yang disampaikan pelaku industri dalam forum Rapat Dengar Pendapat Umum, 3 Juli 2024. Dalam forum tersebut, pengajuan hak paten seringkali memakan waktu hingga 6 tahun karena prosesnya yang berliku.
“Masa tunggu 5-6 tahun untuk satu hak paten terlalu lama. Pengajuan paten mestinya lebih mudah dan praktis untuk mengimbangi kecepatan dunia digital dan inovasi di masyarakat.” kata Subardi usai RDPU di ruang Pansus DPR RI, Rabu 3 Juli 2024.
Legislator dari Dapil Yogyakarta itu membandingkan pengajuan hak paten di Amerika Serikat. Adalah Umar Hasan Saputra, seorang peneliti bidang pertanian asal Jawa Barat yang berhasil membuat pupuk berbahan dasar batu bara. Temuan ini mendapat hak paten dari Amerika Serikat pada Juni 2020 lalu. Pengajuan tersebut membutuhkan waktu 3,5 tahun.
Subardi menjelaskan, dengan kepemilikan hak paten tersebut, pupuk batu bara milik Saputra telah diproduksi secara massal dan tembus di pasar industri pertanian di AS. Sebagian diantaranya berhasil tembus ekspor ke negara-negara Afrika.
“Kita tidak ingin inventor sendiri kesulitan sampai harus mencari pengakuan di negara lain. Bagi karya anak bangsa yang sudah diakui negara lain, mestinya tidak perlu ngurus dari awal lagi. Keberpihakan negara dibutuhkan untuk merespon kecepatan teknologi,” tambahnya.
Dalam rapat ini disimpulkan bahwa penyempurnaan aturan paten terutama di bidang pertanian, maupun bidang lainnya yang memanfaatkan sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional, perlu ditingkatkan agar memberi manfaat.
Rapat juga menyepakati bahwa RUU Paten harus ada percepatan proses pemberian paten, adanya transparansi dalam proses paten, serta melibatkan Kementerian Teknis pengelola Sumber Daya Genetik (SDG) agar pengajuan paten lebih ringkas, tidak menumpuk di satu meja lembaga. (NK)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles