22.5 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

NasDem Kota Yogya Siapkan Calon Pilkada dari Kalangan Pemuda

Partai NasDem siap meramaikan Pilkada Kota Yogyakarta dengan dua kandidat dari kalangan pemuda. Ketua DPD NasDem Kota Yogyakarta, Sigit Wicaksono mengatakan, pihaknya menyiapkan dua kandidat untuk posisi wakil wali kota, yakni dari pengusaha dan kader Partai NasDem.

“Calon wakil wali kota yang kami siapkan Saudara Sri Widya Supena, pemuda dengan latar belakang pengusaha, kedua kader NasDem Dwi Candra Putra selaku Anggota DPRD Kota,” ujar Sigit Wicaksono di kantor partai kemarin (30/6/2024).

Sri Widya Supena yang akrab disapa Pena atau Kang Pena, merupakan mantan aktivis Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Kini pria yang tahun ini genap berusia 40 tahun berprofesi sebagai pengusaha.

Selain Pena, Dwi Candra Putra, 35 tahun merupakan Anggota DPRD Kota Yogyakarta periode 2019-2024 dari Fraksi Partai NasDem. Candra, panggilan akrabnya, terpilih kembali anggota dewan kota untuk periode kedua hasil Pemilu 2024.

Sigit mengakui dengan empat kursi di parlemen kota, partainya masih kurang untuk dapat mengusung pasangan calon (paslon).  Menurut Sigit, pihaknya terus membangun komunikasi dengan calon wali kota dan partai politik lainnya.

“Tentu dengan prasyarat memberikan ruang bagi dua kandidat wakil wali kota yang kami tawarkan,” tegas Sigit.

Penjajakan politik untuk membangun koalisi terus dilakukan sampai nantinya mengerucut pada terbentuknya pasangan wali kota dan wakil wali kota. NasDem optimis dengan opsi dari kalangan pemuda yang memiliki kapabilitas akan menarik perhatian masyarakat Jogja.

“Kita menawarkan terobosan. Selanjutnya, sesuai prosedur partai, kami laporkan ke DPW untuk diteruskan ke DPP sehingga dikeluarkan surat rekomendasi paslon sebagai peserta Pilkada 2024,” terangnya didampingi Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Yogyakarta Oleg Yohan.

Senada dengan Sigit, Oleg Yohan mengatakan bahwa NasDem juga mempertimbangkan hasil survei sejumlah lembaga. Diketahui, ada tiga kandidat wali kota yang muncul di posisi teratas. Ketiganya adalah Wakil Wali Kota Yogyakarta periode 2017-2022 Heroe Poerwadi, 58.

Kemudian Anggota DPD RI  periode 2009-2024 Muhammad Afnan Hadikusumo, 57, dan Penjabat Wali Kota periode 20023-2024 Singgih Raharjo, 59. Saat ini Singgih kembali aktif sebagai kepala Dinas Pariwisata DIY.
Ketiga kandidat tersebut saat ini berusia mendekati 60 tahun. Kota Jogja sebagai Indonesia mini dan trademark kota pendidikan membutuhkan estafet kepemimpinan pada lima hingga sepuluh tahun mendatang.

“Ini menjadi alasan dan pemikiran kami menghadirkan para pemimpin muda untuk menjadi wakil wali kota,” imbuh Oleg.
Terpisah, Sri Widya Supena mengakui telah mengadakan silaturahmi dan komunikasi dengan jajaran Partai NasDem. Dia mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih dengan kesempatan yang diberikan. “Bismillah, saya siap mengemban amanat,” ujar Kang Pena. (NK-HJ)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles