22.5 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Semangat Berkurban Tingkatkan Kepekaan Sosial

Anggota DPR RI Fraksi NasDem, Subardi mengatakan, essensi dari ibadah kurban adalah pembentukan pribadi yang soleh secara spiritual dan sosial. Makna berkurban menurut Subardi adalah tumbuhnya prinsip solidaritas, pengorbanan, kepedulian, dan saling berbagi.

“Ibadah kurban sarat dengan nilai spiritual, moral, dan sosial. Essensinya adalah memotong sifat-sifat hewani dan mengorbankan untuk masyarakat,” kata Subardi usai penyerahan hewan kurban di Padukuhan Sungapan, Argodadi, Sedayu, Bantul, Minggu (16/6/2024).

Dalam perayaan Idul Adha 1445 H, Subardi menyerahkan 9 ekor sapi dan 6 kambing. Penyerahan ini tersebar di Kabupaten Sleman dan Bantul.

Di Kabupaten Sleman, Subardi menyerahkan kepada warga di Padukuhan Kandangan, Singojayan, Papringan, Kaliduren I, dan Sanggrahan. Sedangkan di Kabupaten Bantul diserahkan kepada warga Padukuhan Sungapan, Ngenep, dan Padukuhan Loputih.

Subardi berharap hewan kurban ini menjadi perekat sosial antara dirinya dengan masyarakat. Menurutnya, menyembelih hewan kurban tidak hanya melepaskan sebagian dari harta, tetapi memberikan apa yang kita miliki sebagai wujud pengabdian kepada sang Pencipta.

“Memuliakan masyarakat, berbagi dengan masyarakat, sekaligus menjadi ikatan bersama sebagai ibadah sosial,” terang Anggota Komisi VI DPR itu.

Selain di beberapa Kalurahan, Subardi menyerahkan hewan kurban di Masjid Shirothul Jannah, Papringan, Depok, Sleman. Setiap tahunnya, Subardi rutin berkurban di masjid yang tidak jauh dari kediamannya itu.

“Kita dianjurkan berbagi dimulai dari lingkungan terdekat,” tutup Subardi. (NK)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles