22.5 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Atasi Kekeringan, Subardi Bangun Pipanisasi di Tileng, Gunungkidul

Anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Subardi, mengunjungi Kalurahan Tileng di Kapanewon Girisubo, Gunungkidul. Ia bertemu dengan masyarakat di Balai Padukuhan Nanas, Tileng untuk melihat realisasi bantuan aspirasi.

“Masyarakat mengajukan permohonan agar ada pipanisasi air bersih di wilayah ini. Saya datang untuk melihat hasil pembangunan pipanisasi,” kata pria yang akrab disapa Mbah Bardi ini, Minggu (10/9/2023).

Ketua DPW NasDem DIY itu langsung merespon cepat permohonan warga Tileng. Melalui program aspirasinya, permohonan warga sudah terealisasi. Pembangunan pipa air bersih untuk 5 padukuhan sudah rampung, disertai dukungan swadaya masyarakat.

“Struktur pipanya sudah clear, tinggal penyambungan saja,” ujarnya.

Mbah Bardi menilai warga Tileng perlu mendapatkan akses air bersih yang layak. Sebab lokasi desa ini tak jauh dari sumber air Bribin. Kini, dengan bantuan pipanisasi, harapan warga akan terlaksana.

Nantinya, jaringan pipa tersebut akan disambung dengan pipa induk milik PDAM agar air bersih bisa mengalir. Selanjutnya sambungan rumah (SR) juga akan dibangun. Dengan pembangunan ini, Mbah Bardi mengatakan sebanyak 400 Kepala Keluarga (KK) dari 5 padukuhan akan terakses air bersih.

“Selanjutnya 400 KK didaftarkan agar bisa mendapat subsidi dari pemerintah untuk meringankan pembayaran iuran air bersih,” jelasnya.

Ketua RT 02 Padukuhan Pugeran, Margana menyambut gembira perhatian dari Subardi. Ia mengatakan, selama ini warganya bergantung pada penampungan air hujan untuk memenuhi kebutuhan. Jika musim kemarau, opsinya hanya membeli tangki air bersih.

“Penghasilan pertanian warga dalam satu tahun habis hanya untuk membeli air bersih di musim kemarau,” ungkapnya.

Sementara Lurah Tileng, Suwardi mengatakan air bersih tak hanya untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi untuk pertanian. Di kawasan Tileng, 98 persen lahan pertanian bergantung pada air tadah hujan.

“Ini jadi kebahagiaan bagi kami, khususnya warga di 5 padukuhan berkat bantuan Mbah Bardi pipanisasi sudah terpasang,” tutup Suwardi. (NK).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles