24.5 C
Yogyakarta
Rabu, Februari 21, 2024

Warga Gedangsari Gunungkidul Kini Punya Infrastruktur Layak

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Subardi, meresmikan bantuan infrastruktur di Kalurahan Serut dan Tegalrejo, Kapanewon Gedangsari, Gunungkidul, Senin (24/07/2023). Bantuan dari aspirasi itu direalisasikan Subardi meliputi jalan padukuhan hingga penerangan jalan umum (PJU). Warga dan perangkat desa pun bahagia karena kini memiliki infrastruktur yang layak.

Menurut Sugeng selaku Dukuh Karangpadang, Kalurahan Serut, wilayahnya mendapat bantuan berupa akses jalan padukuhan berbentuk cor beton. Selama 34 tahun ia menjabat sebagai dukuh, baru kali ini Karangpadang memiliki akses yang layak. Apalagi lokasi jalan cor blok tersebut sebelumnya hanya berupa jalan tanah.

“Saya mengalami betul jalanan disini rusak parah sejak saya masih perangkat desa sampai jadi Dukuh selama 34 tahun. Sekarang wilayah ini jadi lebih maju berkat dukungan Mbah Bardi,” ungkapnya.

Sugeng mengungkapkan, sebelumnya warga Karangpadang harus lewat wilayah Klaten untuk aktivitas sehari-hari. Padukuhan Karangpadang, Serut, memang berbatasan langsung dengan kabupaten di Jawa Tengah tersebut.

“Kami akan terus memberi dukungan ke Mbah Bardi untuk keberlanjutan. Mbah bardi sudah terbukti,” tambah Sugeng.

Sementara bantuan lainnya berupa Jalan cor blok disalurkan di Padukuhan Nglengkong, Kalurahan Serut. Wilayah ini cukup terisolir, karena berada di pegunungan dengan akses yang terjal.

Widodo, warga Nglengkong mengatakan adanya jalan cor beton dari program aspirasi Subardi semakin memudahkan aktivitas warga setempat. Apalagi, jalur tersebut menjadi penghubung antar RT.

“Kendaraan pun kini bisa lewat dengan aman di wilayah kami,” ujarnya.

Sementara di Kalurahan Tegalrejo, sebanyak 54 titik PJU tenaga surya terpasang di 11 padukuhan. Salah satunya di Padukuhan Tengklik. Dukuh Tengklik, Tegalrejo, Suti mengatakan, Mbah Bardi selama ini sudah banyak memberikan dukungan. Ia mengaku aspirasi warganya terrealisasi seluruhnya.

“Banyak perubahan yang kami rasakan. Seluruh aspirasi telah direalisasikan. Di Desa kami ada 54 PJU semuanya dari Mbah Bardi. Kami berkomitmen untuk terus mendukung Mbah Bardi,” jelas Suti.

Sarjono, warga Tengklik, mengatakan Mbah Bardi juga telah membantu pembangunan jalan aspal. Sebelumnya, jalanan di padukuhan berupa tanah yang rawan dilewati saat hujan. Adanya jalan aspal kini dilengkapi dengan PJU tenaga surya.

“Sejak ada dukungan Mbah Bardi ini, kondisi wilayah kami semakin baik,” kata Sarjono.

Sementara Subardi mengatakan, kunjungannya di beberapa Kalurahan di Gedangsari untuk memastikan seluruh bantuan dirasakan masyarakat. Ketua DPW NasDem DIY itu juga memeriksa kualitas jalan aspal maupun beton yang telah dibangun. Bagi Subardi, masyarakat harus merasakan kehadirannya sebagai wakil rakyat dari Dapil DIY.

“Saya hadir untuk memastikan kualitasnya dan kelayakannya. Infrastruktur lokal ini harus dirasakan langsung oleh masyarakat,” pungkasnya. (NK).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles