22.5 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Suharno Apresiasi Veda, Atlet Muda Gunungkidul dengan Prestasi Dunia

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno mengapresiasi pebalap muda asal Gunungkidul, Veda Ega Pratama yang menyabet jawara pada race 2 AP250 FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) ronde 2 di Sepang International Circuit, Malaysia, 14 Mei 2023. Bagi Suharno, Veda adalah pemuda kebanggaan masyarakat Gunungkidul.

“Apresiasi setinggi-tingginya kepada ananda Veda Ega Pratama yang menjuarai balap motor di Malaysia. Pencapaian Veda sangat membanggakan Indonesia khususnya masyarakat Gunungkidul,” kata Suharno, Rabu (17/5/2023).

Suharno mengatakan Veda menyukai balap motor sejak kecil. Ia sering melihat langsung Veda berlatih balap motor memanfaatkan halaman depan Pasar Hewan, tepatnya di Siyono, Logandeng, Kecamatan Playen, Gunungkidul.

Suharno turut prihatin atas kondisi saat itu. Sebagai legislator daerah, ia mengajukan pengadaan sirkuit balap untuk mewadahi bakat anak-anak muda melalui anggaran di DPRD. Program itu sempat berjalan meski tidak tuntas.

“Veda adalah anak tangguh. Saya tahu betul sejak kecil. Saat itu saya perjuangkan pengadaan sirkuit balap di Gunungkidul. Saya kawal, sudah dibeli tanahnya tetapi belum ada pembangunan sampai sekarang,” tambah Suharno.

Sekretaris DPW NasDem DIY itu berharap Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melanjutkan program pengadaan sirkuit. Bagi Suharno, adanya sirkuit akan membantu pembinaan atlet muda Gunungkidul di dunia balap.

“Harusnya, melihat pencapian Veda ini Pemkab Gungkidul bergetar hatinya untuk membangun sirkuit. Anak-anak muda di Gunungkidul banyak sekali yang punya bakat balap. Mereka adalah aset Gunungkidul,” jelasnya.

Veda Ega Pratama lahir di Wonosari, 23 November 2008. Di usianya yang masih belia, Veda memiliki prestasinya dunia. Mengutip dari lombokpost.com (jawapos), Veda pertama kali naik podium di putaran pertama IATC di Losail Qatar 6 Maret 2022. Di race kedua Veda berhasil merebut podium kedua.

Berikutnya di putaran ke-4 di Buriram, Thailand 2 Oktober 2022, di Race pertama, siswa SMPN 2 Wonosari ini merebut podium kedua. Capaian itu disempurnakan pada Race Kedua dengan hasil Podium pertama. Saat itulah kali Pertama Indonesia Raya berkumandang di ajang IATC musim 2022.

Pada putaran ke-5 di Sepang Malaysia 23 Oktober 2022, Veda kembali mengibarkan Merah Putih di podium kedua saat race kedua. Puncaknya di seri Pamungkas IATC putaran Mandalika 12-13 November 2022, Veda yang start di nomor 7 sukses menyabet Double Winner di dua race yang berbeda. Ia berhasil menghimpun total 141 poin dan menempatkan dirinya sebagai pembalap terbaik ketiga musim IATC 2022. (NK).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles