22.5 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Berkas Caleg NasDem Lengkap, Targetkan 8 Kursi DPRD Provinsi

Dewan Pimpinan Wilayah Partai NasDem DIY mendaftarkan sebanyak 55 bakal calon legislatif untuk DPRD DIY ke KPU DIY, Kamis (11/5/2023). NasDem menargetkan penambahan kursi dari saat ini 3 kursi menjadi 8 kursi.

Sekretaris DPW Partai NasDem DIY Suharno mengatakan, dari 55 nama yang didaftarkan, tiga diantaranya merupakan petahana anggota DPRD DIY. Suharno yang kini maju sebagai Caleg DPRD DIY mengakui 55 caleg tersebut memiliki rekam jejak yang baik di masyarakat sehingga sangat potensial untuk menang.

“Maka kami optimistis dapat delapan kursi di DPRD Provinsi DIY. Untuk petahana, 3 maju semua dan ada beberapa nama baru. Ini efek perkembangan politik beberapa bulan terakhir sehingga kami tidak kesulitan mencari sosok potensial,” kata Suharno kepada wartawan.

Usai pendaftaran, Suharno mengatakan seluruh berkas caleg NasDem telah diverifikasi oleh KPU DIY dan dinyatakan lengkap. Selanjutnya, DPW NasDew siap mengikuti tahapan pemilu dengan sejumlah strategi pemenangan.

“Sehingga kami fokus konsolidasi dengan kader untuk berbagai persiapan. Target menang di 2024. DPRD DIY delapan kursi,” ujarnya.

Wakil Ketua Bidang Pemilu DPW Partai Nasdem DIY Aulia Reza Bastian menambahkan, partainya memiliki caleg di semua daerah pemilihan di DIY, baik di kabupaten maupun kota. Selain itu dari keseluruhan caleg, sebanyak 30% telah memenuhi syarat dari kalangan perempuan.

“Seluruh DIY kami ada 270 bacaleg, ada sekitar 46 persen dari perempuan atau 123 orang. Jadi sudah melebih batas dari syarat keterwakilan perempuan,” ujarnya.

NasDem juga memberikan kesempatan luas bagi pemilih milenial. Menurutnya ada dua Bacaleg usia muda pada setiap dapil di wilayah DIY. “Perkembangan politik saat ini kami tidak kesulitan merangkul yang lama maupun yang baru. Sekitar 10 sampai 15 Bacaleg di tingkat provinsi, kabupatan maupun kota ada dari kalangan anak muda,” ujarnya. (NK).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles