27.7 C
Yogyakarta
Senin, Juli 15, 2024

Oleg Yohan Dirikan Klinik UMKM

Anggota DPRD Kota Yogyakarta, Oleg Yohan mendirikan Klinik UMKM secara gratis di rumah aspirasinya atau Omah Sedoyo, (sedulur Oleg Yohan). Pendirian klinik UMKM untuk membantu pelaku UMKM agar berkembang secara bisnis maupun produksi.

“Saya mendirikan klinik UMKM untuk mendukung kemajuan para pelaku usaha. Klinik ini melayani konsultasi, pendampingan, pelatihan, akses permodalan dan pemasaran,” kata Oleg Yohan di Omah Sedoyo, Jl. Peta, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Kamis (2/3/2023)

Klinik UMKM telah diresmikan pada awal Februari 2023. Layanan klinik dibuka setiap Jumat pukul 13.00 – 18.00 WIB. Selain berbagai layanan untuk pengembangan bisnis usaha, klinik tersebut juga memfasilitasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), PIRT, dan Sertifikasi Halal.

“Pelayanannya saya buka setiap hari Jumat. Ada dua mentor yang membantu mengurai masalah UMKM. Disini ada fasilitas pembuatan NIB, PIRT, dan sertifikasi halal bagi yang belum punya. Semuanya satu pintu dan layanan klinik tidak dipungut biaya,” tambah Oleg.

Oleg yang juga Sekretaris DPD NasDem Kota Yogyakarta itu mengatakan, saat ini sekitar 100 pelaku usaha sudah merasakan program pemberdayaan melalui klinik UMKM. Ia juga menggandeng Bank BPD DIY dan Bank Jogja untuk memberikan modal usaha kepada UMKM binaannya.

“Terhitung hingga saat ini sudah ada 100 UMKM yang datang ke Klinik. Sekarang mereka sudah punya NIB, PIRT, dan Sertifikasi Halal. Saya juga menggandeng Bank BPD DIY dan BNK Jogja untuk memberikan akses modal sebesar lima juta tanpa agunan,” terangnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota itu yakin, langkah konkretnya akan mendorong para pelaku UMKM cepat naik kelas dan produknya bisa tembus ritel modern dan bersaing secara nasional.

“Saya berharap dengan memiliki legalitas, para UMKM dapat mengakses semua program-program pemerintah baik daerah maupun nasional, termasuk tembus di ritel-ritel modern,” pungkasnya. (IS).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles