24.3 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Widi Dukung Kampanye “gemarikan”

Anggota DPRD DIY, Widi Sutikno bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY menggelar sosialisasi bertajuk “gemarikan” atau gemar ikan, di Kalurahan Pondokrejo dan Kalurahan Merdikorejo, Kapanewon Tempel, Kabupaten Sleman. Rabu, (25/1). Legislator dari Fraksi NasDem itu mengatakan, “gemarikan” merupakan program edukasi bagi masyarakat agar lebih banyak mengonsumsi ikan.

“Masyarakat Jogja tergolong rendah mengonsumsi ikan. Jangan sampai masyarakat mengalami kurang gizi. Dengan gerakan “gemarikan” saya yakin masyarakat semakin sadar mengonsumsi ikan sebagai pelengkap nutrisi,” Kata Widi Sutikno saat sambutan.

Widi Sutikno yang juga Bendahara DPW NasDem DIY mengajak generasi muda, utamanya anak-anak Sekolah Dasar, agar lebih banyak makan ikan. Kandungan protein dan omega 3 pada ikan dapat mencegah stunting pada anak.

Berdasarkan data Kementerian Kelautan dan Perikanan, jenis ikan lokal yang menjadi rujukan konsumi anak untuk pencegahan stunting adalah ikan patin, lele, mas, tongkol dan tuna. Jenis ikan kaya protein itu perlu disajikan secara rutin untuk pemenuhan gizi.

“Banyak jenis ikan lokal yang bisa mencegah stunting. Ikan-ikan itu tersedia di pasaran. Sudah banyak peneliti yang mengatakan konsumsi ikan efektif mencegah stunting,” tambah Widi Sutikno.

Widi juga mendorong agar momentum Hari Ikan Nasional pada tanggal 21 November menjadi pengingat untuk lebih aktif lagi kampanye “gemarikan”. Kampanye ini akan menyadarkan masyarakat akan merasakan dampaknya, yakni penurunan prevalensi stunting. (IS).

 

 

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles