24.8 C
Yogyakarta
Jumat, November 25, 2022

Subardi Kenang Kedekatan dengan Buya Syafii Maarif

Kiprah dan pemikiran intelektual bangsa, Buya Syafii Maarif masih sangat terasa hingga saat ini. Buya memiliki sifat kesederhanaan, egaliter, dan ramah kepada siapapun. Buya juga tidak pernah berbangga diri meski kapasitas keilmuannya sangat dalam.

Pernyataan imi disampaikan Ketua DPW NasDem DIY Subardi saat sambutan dalam acara Tadarus Kebangsaan “Meniti Jejak Mulia Buya Prof. Dr. H. Ahmad Syafii Maarif” bersama DPP Garda Pemuda NasDem di Pendapa Tunggul Pawenang, Tirtoadi, Mlati, Sleman, (20/10).

Subardi berpesan khususnya kepada para aktivis muda agar meneladani Buya. Kiprah buya di bidang pergerakan dan kemasyarakatan patutu dijadikan pemandu agar generasi muda konsisten di jalan kebangsaan.

“Buya Syafii memiliki nilai-nilai kebangsaan yang sangat tinggi. Kita semua terutama generasi muda patut meneledani jejak pemikirannya,” kata Subardi.

Sebagai warga Yogyakarta, Mbah Bardi sapaan akrbanya, mengenal Buya Syafii sejak puluhan tahun silam. Buya merupakan satu dari 45 tokoh deklarator Nasional Demokrat. Subardi bahkan pernah mengantar Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh untuk silaturahmi di kediaman Buya di Sleman. Dalam forum lainnya, Subardi juga sering bersama dengan Buya.

Menurut Subardi, pribadi Buya sejak dulu hingga wafat pada 27 Mei 2022 tidak pernah berubah. Buya adalah seorang nasionalis sejati. Pemikirannya selalu untuk kemanusiaan. Buya berpegang prinsip bahwa Islam adalah agama yang rahmat, agama yang membawa kebaikan bagi umat manusia dan semesta alam.

“Pribadi Buya tidak pernah berubah. Seorang nasionalis sejati. Seorang muslim yang terbuka bagi semua golongan. Apapun asal untuk kebaikan umat dan bangsa Buya selalu hadir. Ia juga termasuk deklarator Nasional Demokrat,” tambah Anggota DPR RI itu.

Dalam diskusi ini, turut hadir Ketua DPP Partai NasDem, Suyoto, Sekretaris Jendral DPP Garda Pemuda NasDem Mohammad Khaerul Amri, Perwakilan Pengurus Muhammadiyah Wilayah DIY, Arif Jamali, dan Ketua Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama DIY, Zuhdi Muhdlor. Agenda ini juga dihadiri Anggota DPRD Provinsi maupun Kabupaten/Kota se DIY dari Partai NasDem. Perwakilan Ma’arif Institut David Kris Alka, serta perwakilan aktivis organisasi ekstra kampus di DIY.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles