24.8 C
Yogyakarta
Rabu, November 23, 2022

NasDem Optimis Anies Menang di Yogya

DPW NasDem DIY optimis calon presiden yang diusung partai, yakni Anies Baswedan bakal menang di Yogyakarta saat pilpres 2024 mendatang. Figur Anies yang kuat dan merupakan warga Yogya menjadi magnet tersendiri bagi warga untuk memilihnya. Saat ini NasDem DIY tengah membangun konsolidasi guna mengantarkan Anies menuju Istana Negara.

Ketua NasDem DIY Subardi mengakui, sosok Anies begitu dikenal oleh warga Yogya. Itu sebabnya ia berani memasang target, Gubernur DKI Jakarta itu dapat unggul di wilayah DIY dan menjadikan DIY sebagai basis kemenangan Anies.

“Targetnya menang di Yogya karena Pak Anis basik dari Yogya. Pak Anis dari SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi di Yogya, bahkan sampai rumah di Yogya. Jadi lebih mudah untuk mengenalkan figurnya di tengah masyarakat,” tegas Subardi dalam diskusi bertema ‘Perkembangan Politik Terkini Pasca Deklarasi Capres’ yang digelar DPW NasDem DIY di Hotel Merapi Merbabu, Sleman, Minggu (09/10/2022).

Kuatnya dukungan terhadap Anies di Yogyakarta bisa terlihat dari banyaknya relawan yang siap memenangkan Anies. Relawan itu antara lain kelompok pedagang, milenial hingga akademisi. Solidnya kader NasDem di DIY juga menjadi keuntungan tersendiri. Kader NasDem di DIY tidak ada yang keluar dari partai usai penetapan Anies. Menurutnya, konsolidasi internal akan terus dilakukan DPW dalam waktu dekat ini.

“Kita selesaikan tingkat struktural wilayah, kabupaten, kapanewon, keluradan hingga dusun. Saksi-saksi tingkat TPS kita siapkan. Rabu (12/10/2022) besok kita mulai itu,” ungkap Subardi.

Bagaimana dengan AHY? Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya yang hadir dalam diskusi ini menyampaikan, komunikasi intensif terus dibangun bersama Partai Demokrat dan PKS. Komunikasi tersebut akan segera diwujudkan dalam koalisi, dan dipastikan deklarasi dukungan kepada Anies pada 10 November mendatang. Willy menegaskan, yang menjadi titik kepentingan NasDem adalah menempatkan Anies Baswedan sebagai calon presiden.

“Sudah clear. Koalisi yang terbangun yang akan menjadi benang merah dan episentrumnya, magnet utamanya Pak Anies. Wapresnya kita serahkan kepada Pak Anies seperti yang disampaikan Pak Surya Paloh saat deklarasi,” katanya.

Menurut dia, langkah awal ini menunjukkan bahwa Partai NasDem selalu menjadi pioner langkah-langkah politik spektakuler. Dulu, membangun koalisi tanpa syarat. Kini, menjadikan Anis sebagai capres merupakan tujuan utama dari NasDem.

“Upaya menjalin komunikasi ini dimulai dengan spirit continuity and change, perbaikan dan perubahan,” jelas Wakil Ketua Badan Legislatif DPR RI itu.

Willy juga menegaskan meski saat ini telah menentukan calon presiden, NasDem tetap loyal kepada pemerintahan Jokowi hingga akhir pemerintahan. “Karena itu, jangan sampai melupakan sejarah dan NasDem loyal,” tutup Willy. (NK).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles