25.3 C
Yogyakarta
Senin, Oktober 3, 2022

Semangat Berkurban Mulai Dari Lingkungan Terdekat

Anggota Komisi VI DPR RI F-NasDem, Subardi menyerahkan sapi kurban di Masjid Shirothul Jannah, Papringan, Depok, Sleman, (10/7). Penyerahan ini dilakukan usai Ketua DPW NasDem DI Yogyakarta itu solat Ied di masjid tersebut. Setiap tahunnya, Subardi memang rutin berkurban di masjid yang tak jauh dari kediamannya itu.

“Selalu bersyukur setiap tahun berkurban disini. Kita jalin kebersamaan dengan masyarakat. Berbagi daging untuk dikonsumsi bersama,” kata Subardi didampingi takmir masjid.

Sebagai ibadah yang dilakukan setahun sekali, banyak pelajaran penting dari ibadah kurban. Makna berkurban menurut Subardi adalah tumbuhnya prinsip solidaritas, pengorbanan, kepedulian, dan saling berbagi. Ada dimensi sosial untuk memperkuat nilai kemasyarakatan. Dalam sebuah riwayat, Nabi juga menganjurkan agar terlebih dahulu mengutamakan (memuliakan) tetangga.

“Kurban adalah bagian dari ibadah sosial. Kita dianjurkan berbagi dimulai dari lingkungan terdekat sekaligus memotong (mengalahkan) sifat-sifat binatang dalam diri kita,” kata Subardi.

Sapi yang diserahkan Subardi berbobot sekitar 300 kilogram. Pihak takmir masjid akan mengutamakan pembagian daging kurban kepada masyarakat yang kesulitan ekonomi, sebagaimana diatur dalam syariat.

“Dengan bobot sekitar 300 kilogram, kita akan atur penyalurannya terutama untuk fakir miskin atau mereka yang membutuhkan. Aturan ini bersandar pada Quran surah Al Hajj ayat 28: “Makanlah sebagian dari daging kurban dan berikanlah kepada orang fakir,” kata Syamsudin selaku Takmir sekaligus Ketua Yayasan Islam Kalimasada Masjid Shirothul Jannah. (NK).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles