24.3 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

NasDem DIY Gelar Pembekalan Kader Menuju Pemilu 2024

Partai NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar rapat konsolidasi dengan tema pembekalan kader menyongsong Pemilu 2024. Agenda ini dihadiri jajaran pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dari lima Kabupaten/Kota, hingga Dewan Pimpinan Cabang (DPC) se-DIY.

Ketua DPW Partai NasDem DIY, Subardi mengatakan, pembekalan merupakan tindak lanjut dari hasil Rakorsus DPP Partai NasDem, Selasa, (22/2) yang digelar usai peresmian NasDem Tower di Gondangdia Jakarta. DPP menargetkan perolehan kursi legislatif Partai berada di peringkat tiga, atau naik satu peringkat dari Pemilu 2019.

“Maka perlu persiapan khusus melalui pembekalan kader dan penguatan struktur partai dari tingkat wilayah hingga tingkat ranting,” ucap Subardi saat pidato pembekalan di Hotel Merapi Merbabu, Seturan, Sleman, Kamis, (3/3).

Pembekalan kader mencakup program kerja, antara lain seleksi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg), pembekalan saksi-saksi di TPS, dan pemerataan lima kader perdusun. Terkait program kaderisasi di dusun, Subardi mencontohkan di Kabupaten Gunungkidul, Sleman dan sebagian Bantul mulai merata. Sedangkan di wilayah Kota Yogyakarta dan Kulonprogo akan dipercepat dengan konsep integrasi antara struktur partai dengan anggota dewan.

“Seluruh dusun di DIY wajib ada kader NasDem. Target ini akan terwujud apabila struktur partai terintegrasi dengan anggota dewan dan program aspirasi anggota dewan akan membuka basis baru di dusun,” kata Anggota Komisi II DPR RI itu.

“Sekali lagi, antara struktur Partai dan Anggota Dewan harus menyatu. Tidak boleh jalan masing-masing,” tegasnya.

Selain soal kaderisasi, pembekalan kader juga akan meneruskan program lama yang sudah berjalan yakni penetapan saksi di TPS. NasDem akan mengerahkan kader sendiri sebagai saksi. Mereka akan diikutkan pelatihan sehingga perannya mampu mengamankan suara pada saat Pemilu, sekaligus menjaring potensi suara di daerah pemilihannya dari sekarang.

“Saksi akan isi dengan kader sendiri. Mereka akan menjadi mesin partai yang militan sekaligus mengamankan perolehan suara di TPS. Saya yakin dengan jalur koordinasi yang kuat NasDem akan meraih kemenangan,” pungkas Subardi. (IS).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles