25.5 C
Yogyakarta
Sabtu, Juli 27, 2024

Subardi Gagas Desa Binaan NasDem di Kulonprogo

Anggota DPR RI dari Dapil DIY, Subardi meninjau progres realisasi program aspirasinya di Kapanewon (Kecamatan) Galur, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta (7/1). Ada empat Padukuhan (dusun) di Kapanewon Galur yang mendapat bantuan dari aspirasinya.

Di Padukuhan Klotakan misalnya, bantuan uang tunai senilai 65 juta digunakan untuk pembangunan balai dusun. Padukuhan Pundung, mendapat bantuan 50 juta untuk pembelian alat catering. Padukuhan Gandu, mendapat bantuan 70 juta untuk pembelian mesin penggilingan Padi (Huller) keliling. Sedangkan di Padukuhan Sorogaten, mendapat bantuan 50 juta untuk pembelian tratak dan kursi.

“Ada empat padukuhan di Kapanewon Galur aspirasinya sudah terpenuhi. Total seluruh bantuan senilai 235 juta. Semoga dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ucap Subardi saat sambutan, Jumat (7/1).

Secara khusus, Ketua DPW NasDem DIY itu mengapresiasi kinerja Latnyana selaku koordinator Rumah Aspirasinya di Kabupaten Kulonprogo. Ia mengatakan, Rumah Aspirasi berfungsi sebagai pusat data dan monitoring program-program apa saja yang sudah berjalan maupun belum terlaksana.

“Yang pasti, setiap aspirasi yang masuk akan saya kawal dan saya perjuangkan di Senayan,” tegasnya.

Subardi juga menggagas program aspirasi berkelanjutan, yakni program-program aspirasi yang sudah terlaksana akan terus dipantau dan dikembangkan. Anggota Komisi III itu mencontohkan, pembangunan Balai Dusun yang sudah rampung akan kembali mendapat bantuan berupa pelatihan wirausaha. Melalui program ini, Padukuhan atau gabungan Padukuhan yang menerima bantuan akan menjadi “Desa Binaan NasDem.”

“Bantuan itu tidak akan berhenti begitu saja, tetapi ada kesinambungan. Ada semacam pelatihan yang sifatnya meningkatkan ekonomi masyarakat. Ini terus saya kembangkan menjadi desa binaan NasDem, sehingga manfaatnya terus berjalan. Istilah saya, ada pemberdayaan yang berkelanjutan,” ucapnya.

Berdasarkan data dari Rumah Aspirasi Subardi di Kulonprogo, sejak setahun terakhir terdapat 26 Padukuhan yang menerima bantuan dari aspirasinya. Diantaranya, bantuan pembangunan jalan, bantuan alat mesin pertanian, bantuan bibit pohon, bantuan infrastruktur peternakan, bantuan modal usaha, dan bantuan mobil ambulan. (NK)

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles