31.4 C
Yogyakarta
Sabtu, Juli 27, 2024

Program Aspirasi NasDem Wujudkan Balai Masyarakat di Sayidan

Sebuah balai masyarakat berdiri kokoh di kampung Sayidan, Kalurahan Prawirodirjan, Kemantren Gondomanan, Kota Yogyakarta. Bangunan seluas 100 meter itu merupakan program aspirasi Partai NasDem melalui Ketua Komisi A DPRD Kota Yogyakarta, Dwi Candra Putra.

Peresmian balai masyarakat dilakukan oleh Ketua DPW NasDem DIY, Subardi bersama seluruh Anggota Fraksi NasDem DPRD Kota Yoogyakarta, Minggu (19/12). Hadir pula Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi. Saat peresmian, Subardi berpesan kepada masyarakat agar balai RW tersebut dijadikan sebagai ruang silaturahmi dan ruang harmoni antar masyarakat.

“Seperti warna catnya, yakni warna biru. Warna yang memberikan kedamaian dan keindahan seperti halnya laut dan langit yang cerah,” kata Anggota Komisi III DPR RI itu.

Subardi mengapresiasi soliditas Fraksi NasDem DPRD Kota Yogyakarta hingga melahirkan program-program aspirasi yang konkrit. Ia berharap kinerja Fraksi NasDem Kota semakin produktif dan bermanfaat bagi masyarakat. Di kesempatan itu, Subardi sekaligus menyerahkan bantuan uang tunai kepada masyarakat Sayidan.

“Kehadiran anggota dewan harus memberikan manfaat. Apapun bentuk aspirasinya, dikawal dan direalisasikan. Saya apresiasi program ini. Kita di Partai NasDem terus berjuang dengan politik kemanusiaan,” terang Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Sementara bagi Candra, Pembangunan balai RW ini merupakan program aspirasinya bekerja sama dengan Pemerintah Kota. Menurutnya, sejak lama masyarakat Sayidan ingin memiliki balai untuk kegiatan sosial. Namun persoalan anggaran hingga lahan yang tidak siap, membuat pembangunan balai masyarakat tak kunjung terlaksana.

“Saya di Komisi A serius mengawal program ini. Pokoknya harus bisa, masyarakat sudah lama menunggu punya balai. Alhamdulillah, kini sudah terlaksana dengan bantuan APBD Perubahan. Kalau dihitung prosesnya dari awal bangun hingga selesai sekitar 45 hari. Mirip kisah Bandung-Bondowoso,” cerita Candra sembari tersenyum.

Sementara Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi berharap, keberadaan balai masyarakat menjadi berguna untuk program pemberdayaan sosial. “Balai masyarakat ini akan bermanfaat untuk program-program pemberdayaan sosial, terutama di bidang ekonomi. “Pemkot akan fokus pada upaya pemulihan sektor ekonomi yang kini mulai menggeliat,” kata Heroe.

Balai masyarakat akan dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan sosial, diantaranya PKK, Pendidikan anak usia Dini (PAUD), posko keamanan, dan pertemuan-pertemuan warga. Kegiatan ekonomi kreatif maupun kegiatan bertema kesehatan juga akan dipusatkan disini. Pengelolaannya pun dilakukan swadaya oleh masyarakat. (IS-NK).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles