27.3 C
Yogyakarta
Rabu, Mei 15, 2024

Gelar Rakorwil, NasDem DIY-Jateng Usung Tema Sejarah dan Budaya

Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Partai NasDem akan digelar oleh dua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) sekaligus, yakni DIY dan Jateng. Rapat akbar sekaligus forum tertinggi di tingkat DPW itu akan digelar dua hari, tanggal 29-30 November 2021. Pembukaan dipusatkan di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta, sedangkan acara inti di Ballroom Hotel Ambarukmo, Yogyakarta.

“Pembukaan nanti sengaja kami tempatkan di pelataran Candi Prambanan sebagai simbol perjuangan, simbol kejayaan dan simbol keluhuran budaya. Nilai-nilai tersebut menginpirasi pergerakan kami di Partai NasDem,” kata Ketua DPW NasDem DIY, Subardi saat meninjau arena pembukaan di Candi Prambanan, Sabtu, (27/11).

Candi Prambanan, lanjut Subardi adalah simbol perjuangan sekaligus mahakarya dari kerajaan Mataram Kuno sejak Abad ke-8 Masehi. Melalui warisannya Prambanan, Mataram Kuno menjelma menjadi kerajaan besar sekaligus pelopor lahirnya kerajaan-kerajaan lainnya di Nusantara.

“Dari situlah Nusantara lahir dengan keragaman budayanya. Maka agenda Rakorwil ini kami ingin menggaungkan pesan moral bahwa jalan politik NasDem adalah politik yang berbudaya, politik yang menyatukan kekuatan bangsa, politik yang merestorasi peradaban bangsa,” jelas Anggota Komisi III DPR RI itu.

Selain aspek historis, penentuan Candi Prambanan sebagai tempat pembukaan juga mewakili wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Aspek kewilayahan yang menyatu di Candi Prambanan dinilai sebagai modal kuat untuk menyatukan antarelemen partai.

“Kolaborasi ini akan menyatukan seluruh elemen partai khususnya di Jogja dan Jateng. Saat ini, kita tahu tidak ada lagi agenda kontestasi politik hingga tahun 2024, maka strateginya adalah konsolidasi total menuju 2024,” tegas Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Rakorwil akan dihadiri oleh ratusan kader, pengurus, dan simpatisan NasDem DIY-Jateng. Anggota DPRD F-NasDem se DIY-Jateng dan Anggota DPR RI Dapil DIY-Jateng dipastikan hadir.

Dari unsur DPP, hadir Wakil Ketua Umum yang juga Ketua Fraksi NasDem DPR RI Ahmad Ali. Selain itu, Anggota Majelis Tinggi sekaligus Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dan Ketua Pemenangan Wilayah Jawa III sekaligus Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto dipastikan hadir.

Rangkaian acara akan dimulai pada Senin (29/11) malam di pelataran Candi Prambanan. Selanjutnya agenda utama Rakorwil berlangsung mulai Selasa (30/11) pagi. Penutupan dijadwalkan pada Selasa malam. Seluruh peserta akan dilakukan tes swab antigen pada H-1 untuk memastikan protokol kesehatan berjalan dengan baik.

Selain acara inti, rangkaian acara lainnya adalah vaksinasi massal dan pembagian bibit tanaman di kelurahan Taman Martani, Prambanan. Gowes kebudayaan juga digelar oleh sejumlah anggota Fraksi NasDem DPR RI. Mereka akan bersepeda menyusuri sepanjang jalan situs-situs budaya, diantaranya rute Candi Prambanan – Candi Plaosan – Lava Bantal – Tugu – Malioboro – Tamansari dan Kota Gede. (NK)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles