26.9 C
Yogyakarta
Rabu, Mei 15, 2024

Bantuan 16 Traktor, NasDem Hadirkan Solusi di Musim Kemarau

Anggota DPRD Gunungkidul Heri Purwanto memberikan bantuan alat pertanian kepada 16 kelompok tani yang tersebar di beberapa kalurahan di Kapanewon Tepus dan Semanu. Bantuan tersebut dibagikan satu per satu kepada kelompok tani.

Legislator dari Dapil IV Gunungkidul itu menuturkan, bantuan ini bertepatan dengan awal musim kemarau. Ia berharap program aspirasinya untuk kalangan petani yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Gunungkidul, akan memudahkan pekerjaan petani menghadapi musim kemarau.

“Saya harap petani lebih dini menyiapkan ancaman kekeringan di musim kemarau. Kondisi tanah yang gersang dan keras setidaknya bisa diatasi dengan mesin baru ini. Satu kelompok tani mendapat satu traktor,” kata Heri di sela penyerahan bantuan traktor di Kalurahan Purwodadi, Gunungkidul, (31/8).

Pemberian bantuan berawal dari keprihatinan Heri melihat kondisi petani yang mengandalkan tenaga manual (tenaga hewan) dalam bekerja. Setiap kemarau, para petani terpaksa menyewa traktor, karena mengandalkan tenaga manual tidak maksimal dan memakan waktu lama. Bahkan, kondisi ini terjadi bertahun-tahun.

“Setiap kemarau kondisi petani memprihatinkan. Mereka terpaksa menyewa traktor dan tentunya menambah ongkos produksi. Saya tergerak membantu karena kondisi ini selalu merugikan petani,” tutur politisi NasDem itu.

Heri mengaku program bantuan ini dikawal dengan sungguh-sungguh hingga berhasil terlaksana. Seluruh bantuan traktor dipersembahkan kepada para petani untuk dikelola secara bersama-sama. Baginya, pertanian di Gunungkidul tidak boleh redup meski dihantam badai pandemi. Ia berkomitmen agar hasil pertanian di Gunungkidul yang selalu surplus se-DIY selalu aman.

“Inisiasi ini bagian dari menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi agar hasil pertanian di Gunungkidul terus surplus. Saya sebagai legislator selalu mendukung kaum tani karena mereka sosok sentral dalam menjaga ketahanan pangan,” tutupnya. (DN).

Heri Purwanto menunjukkan deretan traktor sebelum diserahkan kepada petani.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles