24.4 C
Yogyakarta
Sabtu, April 13, 2024

Rian Eko Wibowo Salurkan Bantuan Alat Pertanian

Anggota DPRD Gunungkidul, Rian Eko Wibowo menyerahkan bantuan alat pertanian kepada 9 kelompok tani di beberapa Kalurahan di Kapanewon Wonosari dan Playen. Bantuan ini merupakan program aspirasinya bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan Gunungkidul.

Bantuan tersebut berupa satu handtraktor dan satu kultivator untuk setiap kelompok tani. Sejauh ini bantuan tersebut sudah dibagikan ke enam kelompok tani, antara lain kelompok tani Marsudi Papringan, Plembutan, Playen, Andini Makmur, Piyaman, dan Wonosari. Sedangkan tiga kelompok tani lainnya dijadwalkan menerima bantuan ini hingga beberapa hari kedepan.

“Di era modern ini sistem pertanian perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi. Harapan saya dengan bantuan ini, para petani di Gunungkidul lebih mudah bekerja dan lebih produktif,” ujar Rian kepada nasdemjogja.id, Kamis (26/8).

Politisi muda Partai NasDem itu menuturkan, bantuan ini perlu segera diserahkan karena daerah Gunungkidul sedang mengalami kemarau. Selama kemarau, para petani kerap kesulitan bekerja karena kondisi tanah yang keras dan gersang. Para petani masih mengandalkan tenaga hewan, yakni dua pasang sapi atau kerbau untuk membajak sawah. Kondisi ini cukup menguras tenaga dan memakan waktu lama.

“Setiap musim kemarau para petani kesulitan bekerja. Kondisi ini mendorong saya untuk membantu mereka. Kita tahu sektor pertanian di Gunungkidul merupakan sektor andalan untuk pemasukan daerah,” jelasnya.

Di hadapan anggota kelompok tani, wakil rakyat dari Dapil 1 Gunungkidul itu menegaskan dirinya senantiasa siap mengakomodasi segala kepentingan petani. Baginya, pertanian dan para petani tidak boleh redup meski pendemi tidak kunjung selesai.

“Kita harus melestarikan pertanian. Kaum tani harus lebih sejahtera sampai kapanpun,” pungkasnya. (DN).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles