30.8 C
Yogyakarta
Jumat, Mei 17, 2024

Tiada Hari tanpa Upaya Pencegahan Covid-19

Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, 3 dan 2 tahap ketiga hampir selesai. Sementara penambahan kasus positif Covid 19 di Yogyakarta terus terjadi, termasuk di Bantul. Data dari Dinas Kesehatan Bantul per 13 Agustus menyebut kasus positif Covid-19 bertambah 380 orang, sementara angka kesembuhan bertambah 1.226 orang.

Upaya menanggulangi sebaran Covid-19 di Bantul harus tetap berjalan meski angka kesembuhan terus membaik. Upaya penanggulangan ini dilakukan Anggota DPRD Bantul, Bibit Rustamta. Ketua NasDem Bantul itu menyemprot disinfektan bersama tim Rescue NasDem Bantul di Kalurahan Terong dan Temuwuh Kapanewon Dlingo. Di lokasi itu pernah terdapat sejumlah warga yang positif covid.

“Sterilisasi untuk mengurangi potensi penularan akibat mikro virus yang mungkin saja masih tersisa. Memang tidak menghilangkan Covid-19, tetapi lingkungan harus bersih,” ujar Bibit kepada nasdemjogja.id (15/8).

Kegiatan ini terus dilakukan NasDem Bantul dengan tim rescue-nya. Bibit mengatakan, tiada hari tanpa upaya pencegahan dan penanggulangan. Di sisi lain, masyarakat juga harus selalu waspada dan sadar untuk mengurangi mobilitas. Berdasarkan hasil pantauan tim Rescue NasDem, tren kenaikan kasus dipengaruhi moblitas tinggi yang sebagian besar masyarakat tidak menyadari sudah terpapar.

“Tren kenaikan kasus yang kami amati berasal dari kerumunan tanpa prokes. Dari situ sebagian tidak menyadari kalau sudah terpapar. Kedatangan kami sekaligus mengingatkan masyarakat jangan sepelekan potensi penularan. Pandemi ini belum mereda,” tambahnya.

Saat berbincang dengan warga, Bibit Rustamta juga mengajak masyarakat segera vaksin. Adanya vaksin untuk memperkuat imunitas. Daya tahan masyarakat semakin kuat sehinggah penluran virus sangat kecil.

“Dengan vaksin, kalaupun terpapar Covid efeknya tidak parah. Hasil studi sudah membuktikan risiko kematiannya sangat kecil,” pungkasnya. (DN).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles