30.1 C
Yogyakarta
Sabtu, Juli 27, 2024

Garda Pemuda NasDem DIY Gelar Donor Plasma Konvalesen

Sejumlah penyintas Covid-19 di Yogyakarta hadir di kantor DPW NasDem DIY dalam rangka aksi donor plasma konvalesen, Sabtu (14/8). Aksi kemanusiaan yang digelar Garda Pemuda NasDem DIY itu bertujuan membantu kebutuhan darah pasien Covid-19 saat ini. Ketua Garda Pemuda NasDem Sobri Emiga Sando mengatakan hingga kini kebutuhan plasma konvalesen di DIY masih belum terpenuhi. Kondisi ini tidak terlepas dari masih tingginya kasus aktif Covid-19 di DIY.

“Bukan masa sekarang saja, sejak awal pandemi kebutuhan plasma konvalesen selalu tidak terpenuhi. Kebutuhannya selalu kurang semenjak terapi plasma konvalesen terbukti membantu penyembuhan pasien Covid-19,” kata Sobri Emiga, pria yang juga berprofesi sebagai dokter.

Faktor minimnya stok plasma konvalesen di DIY, lanjut Emiga, karena minimnya edukasi kepada penyintas Covid-19. Selain itu, tidak semua penyintas Covid-19 bisa mendonorkan plasma konvalesennya. Donor plasma bisa dilakukan jika lolos uji laboratorium dan memenuhi syarat medis.

“Meski semua orang bisa mendonor tapi tidak semua lolos. Ini yang menyebabkan stok plasma konvalesen di DIY sedikit. Kami inisiatif melalukan gerakan ini dan dilakukan serentak oleh seluruh Garda Pemuda NasDem se-Indonesia,” ujarnya. 

Kegiatan donor tersebut diikuti oleh sekitar 65 peserta, 40 orang pendonor diantaranya merupakan kader NasDem DIY. Untuk memenuhi protokol kesehatan, aksi donor darah tersebut dibagi dalam dua sif pagi dan siang.

“Kami berharap aksi sosial ini bisa menginspirasi para pemuda lainnya dan penyintas Covid-19,” katanya. 

Politisi NasDem Yogyakarta, Aulia Reza Bastian menilai kebutuhan plasma konvalesen di DIY masih sangat tinggi karena masyarakat yang terpapar dan meninggal akibat Covid-19 juga masih tinggi. Hingga Sabtu (14/8) kasus aktif di DIY berdasarkan data Satgas Covid-19 DIY sebanyak 27.174 kasus. Dia pun mengapresiasi kiprah Garda dengan kegiatan positif ini.

“Kader Garda Pemuda NasDem menjadi garda terdepan dan ujung tombak partai dalam memperjuangkan misi kemanusiaan,” ujar anggota Dewan Pakar NasDem DIY itu. (DN).

Sobri Emiga Sando, Ketua GPND DIY (dua dari kiri) berpose bersama jajarannya.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles