27.7 C
Yogyakarta
Senin, Juli 15, 2024

Ketua Fraksi NasDem Gunungkidul Jagokan Italia Juara Eropa

Final Piala Eropa 2020 mempertemukan raksasa sepakbola dunia, Italia versus Inggris. Italia memastikan lebih dulu ke partai final usai mengalahkan tim Matador Spanyol lewat adu pinalti. Sementara tim Negeri Ratu Elisabeth lolos ke final usai menyingkirkan tim dinamit Denmark. Duel final impian itu digelar pada Senin (12/7) pukul 02.00 WIB di Stadion Wembley, London.

Ketua Fraksi NasDem Gunungkidul, Ismail Ishom menjagokan Italia sebagai kampiun Eropa. Alasannya, tim asuhan Roberto Mancini itu memiliki komposisi yang solid. Perpaduan pemain berpengalaman dengan pemain muda membuat permain Gli Azzuri selalu tampil menyerang.

“Italia terkenal dengan tradisi pertahanan yang kuat. Mereka menjelma sebagai tim menakutkan dengan perpaduan pertahanan dan penyerangan. Apalagi sudah mengalahkam Belgia, tim ranking 1 dunia,” kata legislator dari Dapil 1 Gunungkidul itu saat berbincang dengan redaksi nasdemjogja.id, Kamis, (8/7).

Tahun ini menjadi final ke empat Italia. Sebelumnya Italia pernah sekali menjadi kampiun Eropa pada tahun 1968 mengalahkan Yugoslavia di stadion Olimpico, Roma. Sementara di partai final tahun 2000 dan 2012, Italia takluk dari Perancis dan Spanyol. Menurut Ishom, tahun ini Ciro Immobile dkk datang dengan rekor fantastis. Mereka tak terkalahkan di 33 laga beruntun.

“Mereka datang dengan mental juara untuk menebus kegagalan pada dua final sebelumnya,” kata Ishom yang mengaku penggemar Italia sejak era keemasan Roberto Baggio puluhan tahun silam.

Meski demikian peluang Italia tak mudah. Inggris lebih diuntungkan karena bertindak selaku tuan rumah. Pertahanan Inggris saat ini menjadi yang terkuat diantara kontestan lainnya dengan hanya kebobolan satu gol. Laga final nanti merupakan laga perdana bagi Inggris. Mereka ingin mematahkan memori buruk pada helatan Piala Eropa 1996. Saat itu, tuan rumah the three lions harus takluk oleh Jerman lewat adu penalti di laga semifinal.

“Final kali ini akan berlangsung seru. Inggris tim solid, tetapi saya pikir keberuntungan akan berpihak pada Italia,” tandas Ishom sambil tersenyum. (DN).

Ismail Ishom. Ketua Fraksi NasDem DPRD Gunungkidul.

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles