31.4 C
Yogyakarta
Sabtu, Juli 27, 2024

NasDem Usulkan Pendirian Pos Vaksinasi di Setiap Kalurahan

Anggota DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Suparja, mengajak segenap masyarakat khususnya di Kabupaten Gunungkidul untuk ikut vaksinasi massal. Saat ini lokasi vaksin sudah tersebar di banyak tempat. Persyaratannya pun mudah, cukup registrasi (baik online maupun offline) dan bisa melayani warga ber-KTP diluar Yogyakarta.

“Pemerintah terus mempercepat target vaksinasi. Masyarakat tidak perlu takut, tidak perlu khawatir. Tinggal inisiatif saja. Vaksin sudah memenuhi standar kesehatan dunia. Dengan vaksin, kita bersama-sama tangkal sebaran Covid-19,” kata Ketua NasDem Gunungkidul itu melalui keterangan tertulis, Minggu (4/7).

Meski demikian, Suparja berharap agar Pemerintah Daerah memperbanyak lokasi vaksinasi hingga ke setiap Desa atau Kalurahan. Berdasarkan laporan yang ia terima, saat ini sejumlah Desa atau Kalurahan sudah menyediakan pos vaksin, hanya saja belum menyeluruh se Kabupaten Gunungkidul. Pendirian pos vaksin di setiap kalurahan untuk memudahkan vaksin kepada warga lanjut usia (lansia) sebagai kelompok yang rentan terpapar.

“Pembentukan pos vaksin yang merata di setiap Kalurahan untuk memudahkan lansia. Ini sebagai wujud kehadiran pemerintah kepada masyarakat. Dengan dukungan Satgas, Satpol PP, TNI-Polri, dan Aparatur Desa, saya optimis pendirian pos vaksin di setiap Kalurahan akan berhasil,” jelas legislator dari Dapil Gunungkidul itu.

Saat ini vaksinasi di Gunungkidul sudah tersedia di beberapa lokasi, yakni Gedung Serba Guna Siyono, Logandeng Kalurahan Playen, Balai Kalurahan Pilangrejo Nglipar, Balai Kalurahan Prigombo Rongkop, dan Kantor Kapanewon Saptosari. Dinas Kesehatan Gunungkidul, terus melayani vaksinasi dengan memprioritaskan tiga kelompok utama, yakni tenaga medis, petugas pelayan publik dan lansia.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Gunungkidul, hingga hari Minggu 4 Juli 2021, capaian vaksinasi untuk ketiga kelompok adalah 3.424 petugas medis atau sebesar 113,53% dari target. Sebanyak 33.952 petugas publik atau 51,71% dari target. Dan sebanyak 36.389 lansia atau sebsar 45,12% dari target. (DN).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles