24.3 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Pelaku UMKM Perlu Manfaatkan Marketing Digital

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Yogyakarta didorong untuk memahami pentingnya marketing digital. Hal ini disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Yogyakarta, Oleg Yohan. Politisi NasDem itu hadir sebagai pemateri dalam pelatihan E-Commers yang diselenggarakan oleh Dinas Industri, Koperasi dan UMKM bersama Amikom Yogyakarta. Sejumlah perwakilan UMKM juga hadir dalam forum itu.

“Marketing digital solusi kebangkitan UMKM di tengah peliknya pandemi. Modalnya hanya satu, kreativitas produk memanfaatkan perkembangan teknologi,” kata Oleg Yohan, di Cafe Cronika, Cokrodiningratan, Yogyakarta, Senin (14/6). Disana ia juga memotivasi pelaku usaha berpikir berkreatif menciptakan konten promosi.

Situasi pandemi, lanjut Oleg membuat masyarakat beralih transaksi dari konvensional menjadi online. Kebiasaan baru ini dianggap peluang menjanjikan bagi marketing digital. Ia menggolongkan beberapa tips dalam strategi sukses bermarketing digital. Pertama; pemanfaatan layanan online. Kedua; peluang jangka panjang karena intensitas online masyarakat meningkat selama pandemi. Ketiga, pelaku usaha dapat memangkas biaya produksi. Keempat, konten promosi dilakukan secara praktis dan efisien.

“Pelaku usaha harus lebih berani menjajal peluang ini. Sarananya sudah ada seperti market place atau media sosial,” urainya.

Oleg Yohan memang dikenal legislator yang dekat dengan pelaku UMKM. Beberapa kali ia mengawal pelaku ekonomi kerakyatan itu dengan pelatihan, menggandeng para pengusaha sukses. Di kesempatan itu Oleg juga memamaparkan hal-hal yang harus dilakukan dalam marketing digital. Antara lain pentingnya membaca tren pasar dan memunculkan ide-ide kreatif mengenai jualannya.

“Misalnya, membangun indentitas brand, meningkatkan kualitas produk, desain produk yang menarik dan packing produk dengan elegan,” pungkasnya. (DN).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles