25.2 C
Yogyakarta
Rabu, Juni 19, 2024

Bantuan Benih Ikan Nila Pulihkan Ekonomi Lokal 

Anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi NasDem, Rian Eko Wibowo mendukung program budidaya ikan Nila untuk membantu pemulihan ekonomi akibat Pandemi Covid-19. Program ini kerja sama antara Dinas Perikanan dan Pertanian Gunungkidul dengan Fraksi NasDem di DPRD Gunungkidul.

Menurut legislator muda itu, program ini menekankan pada aksi di lapangan, karena sebelumnya sebagian pelaku budidaya ikan telah mengikuti pelatihan yang turut difasilitasi Dinas Perikanan dan Pertanian.

“Saya menindaklanjuti program pelatihan agar langsung diterapkan di masyarakat. Dengan metode aplikatif semacam ini, saya yakin pemulihan ekonomi lokal berjalan lebih cepat,” Kata Rian Eko Wibowo saat membagikan bantuan 1.500 benih ikan Nila di kali Padukuhan Banaran, Playen, Gunungkidul, Jumat (4/5).

Legislator dari Dapil 1 Gunungkidul itu optimistis potensi bisnis ikan Nila di Gunungkidul meningkat. Banyak industri makanan berskala kecil yang memanfaatkan ikan Nila. Bantuan ini, lanjutnya, mendorong masyarakat terlibat langsung dalam perputaran bisnis di industri berbahan baku ikan Nila.

“Coba lihat mulai di warung kaki lima hingga restoran hampir semua menyediakan menu ikan nila. Prospek bisnisnya sangat menjanjikan. Harapan saya masyarakat bisa menjadi alternatif pemasok atau produsen ikan Nila,” jelasnya.

Rian juga berpesan agar masyarakat yang tergabung dalam kelompok budidaya ikan Nila memperhatikan pada aspek pemeliharaan. Tahap pemeliharaan menentukan kualitas hasil panen. Secara keseluruhan, pola restocking yang ia lakukan ini akan membangkitkan minat masyarakat di bidang usaha.

“Memang harus aksi di lapangan seperti restocking yang saat ini kita lakukan bersama masyarakat di Padukuhan Banaran. Tetapi setelah ini harus fokus pada pemeliharaan. Itu meliputi pemberian pakan, monitor kondisi kolam, dan mengganti air kolam secara rutin,” ungkapnya. (DN).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles