27.7 C
Yogyakarta
Senin, Juli 15, 2024

Legislator NasDem Fasilitasi Izin Usaha Pelaku UKM

Anggota F-Nasdem Kota Yogyakarta, Oleg Yohan menggelar silaturahim sekaligus buka bersama dengan puluhan kader NasDem di Omah Sedoyo, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, Senin (26/4). Acara yang berlangsung dua jam menjelang berbuka itu digelar dengan protokol kesehatan. Para peserta hadir dengan memakai masker dan menjaga jarak sepanjang acara.

Dalam sambutannya, Sekretaris DPD NasDem Kota Yogyakarta itu berpesan agar pertemuan ini berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ia pun mendengarkan keluh kesah para peserta yang kebanyakan dari pelaku UKM.

“Menjadi tugas saya sebagai wakil rakyat untuk mengetahui kondisi ekonomi sekaligus memberi solusi. Jadi, kepada segenap masyarakat Sedoyo (sedulur oleg yohan) silakan menyampaikan keluh kesahnya, saya siap memperjuangkan dalam program saya,” jelasnya.

Secara khusus, Oleg memastikan agar semua pelaku UKM yang hadir di acara tersebut sudah memiliki Nomer Izin Berusaha (NIB). Dengan izin berusaha, tentu akan memberikan kepastian hukum dan menjadi sarana pemberdayaan bagi pelaku UKM.

“Khusus rekan-rekan yang bergerak di bidang UKM, saya anjurkan untuk segera membuat NIB. Bila ada kesuitan saya kawal, karena itu penting untuk memudahkan administrasi dan penerimaan bantuan” ungkapnya.

Sekretaris Komisi B itu mencontohkan, sejauh ini banyak pelaku UKM yang ia bantu mendapatkan NIB. Hasilnya banyak diantara pelaku yang berizin lebih maju, karena mudah didata dan menerima bantuan, diantaranya pemasaran, bantuan akses modal dan pendampingan lain. Dengan izin berusaha, pelaku UKM lebih mudah berinovasi. Mengurusnya pun mudah karena melalui Online Single Submission (OSS).

“Kalau punya izin usaha, saya mudah memantaunya. Kalaupun ada kendala di lapangan, saya bisa memeriksa langsung dengan berkoordinasi bersama dinas terkait. Sekali lagi saya siap memfasilitasi izin berusaha untuk memajukan kelompok UKM,” pungkasnya. (DN).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles