25.2 C
Yogyakarta
Rabu, Juni 19, 2024

Sambut Ramadan dengan Ibadah Sosial

Marhaban ya Ramadan. Tak lama lagi bulan suci Ramadan tiba. Ramadan, bulan penuh berkah dimana setiap amal kebaikan dilipatgandakan pahalanya. Dalam rangka memuliakan Ramadan, Anggota DPR RI F-NasDem Subardi mengajak masyarakat memperbanyak ibadah sosial.

Banyak kategori ibadah sosial yang hakikatnya untuk membantu sesama. Misalnya dengan memperbanyak sedekah, saling berbagi, menyantuni anak fakir miskin dan yatim piatu, memberi bantuan pendidikan, menolong para korban bencana, bersikap toleransi, menghormati kemajemukan, dan gotong royong membersihkan tempat ibadah, balai dusun dan lingkungan sekitar. Subardi mengajak semua masyarakat memperbanyak ibadah sosial apalagi saat ini masih dilanda pandemi.

“Mengingat Ramadan tahun ini adalah tahun kedua kita berpuasa di tengah pandemi, mari kita perbanyak ibadah sosial. Dalam ibadah sosial terdapat dimensi kemanusiaan, pengabdian, dan kepedulian, yang hakikatnya juga merupakan perintah agama,” kata Anggota Komisi VI DPR RI di Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Minggu, (11/4).

Menurut politisi yang akrab disapa Mbah Bardi itu, banyak perintah agama yang dirangkai dengan ibadah sosial. Misalnya di bulan Ramadan ada kewajiban membayar zakat. Perintah naik haji juga dirangkai dengan perintah berkurban. Nabi Muhammad pun menganjurkan agar selama Ramadan memperbanyak solat berjamaah seperti Tarawih. Tujuannya agar aspek sosial dalam beragama tidak luntur.

“Agar cara beragama kita tidak eksklusif dan tidak mementingkan diri sendiri. Itulah sebabnya Nabi Muhammad sering membantu masyarakat terutama kaum lemah,” jelasnya.

Saat ini dalam rangka semarak bulan Ramadan, Subardi tengah menyiapkan paket bantuan bahan pokok kepada masyarakat. Bantuan sebagai bagian dari ibadah sosial itu akan bagikan kepada mereka masyarakat sekitar, terutama kelompok paling terdampak pandemi.

“Karena dalam ibadah sosial dapat membebaskan kesulitan banyak orang. Apalagi pahalanya dobel, selain untuk kita manfaatnya juga dirasakan orang lain,” kata Ketua DPW NasDem DIY itu. (NK).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles