22.2 C
Yogyakarta
Kamis, Mei 16, 2024

Sudah Saatnya Pelajar Melek Politik

Ketua Komis A DPRD Kota Yogyakarta, Dwi Candra Putra hadir sebagai narasumber Podcast yang diselenggarkan Ikatan Pelajar Muhammadiyah Yogyakarta di madrasah Mu’allimin Kota Yogyakarta. Dalam acara itu Candra mengulas bagaimana pentingnya peran pelajar di dunia politik. Ia pun meminta para pelajar khususnya siswa kelas 3 SMP (usia 14 tahun) agar lebih aktif mengenal ilmu politik. Pasalnya pada Pemilu serentak 2024, mereka menjadi pemilih pemula.

“Agar generasi muda tidak mengangap politik sebagai sesuatu yang menakutkan. Politik bisa menjadi jalan pengabdian yang banyak menyukseskan program pembangunan,” katanya, Jumat (8/4).

Wakil Ketua Fraksi NasDem DPRD Kota itu menilai sampai saat ini partisipasi dan kesadaran politik kaum pelajar masih rendah. Sebagian dari pelajar cenderung apatis dan enggan mengikuti perkembangan politik, baik politik sebagai ajang pemilihan kepala daerah dan legislatif, maupun politik sebagai bagian dari organisasi pemerintahan.

“Ya masih banyak pelajar yang apatis atau cuek untuk bersentuhan dengan politik. Saya berharap adik-adik menyadari bahwa dengan politik setidaknya kita bisa berbuat perubahan untuk negara,” tuturnya.

Diakhir acara podcast tersebut, ia mengajak para anggota DPRD agar memberikan pemahaman bahwa politik merupakan disiplin ilmu yang berkaitan dengan kepemimpinan, pengawasan, tata kelola pemerintahan, dan penyusunan peraturan perundang-undangan.

“Edukasi politik sejak dini akan membangkitkan melek politik, terutama menyongsong Pemilu serentak 2024. Harapan saya para pelajar tidak kebingungan menggunakan hak konstitusionalnya untuk memilih pemimimpin nanti,” pungkasnya. (DN).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles