27.4 C
Yogyakarta
Rabu, Februari 21, 2024

Jalan Sehat ala Subardi, Sehatkan Warga, Perkuat Kolaborasi

Jalan sehat dengan tema ‘Silaturahmi Untuk Semua’ kerap digelar Anggota DPR RI dari Partai NasDem Subardi di sejumlah lokasi. Kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat.

Subardi memang rutin menggelar jalan sehat sejak pertengan tahun 2023. Mulanya, ia menerima usulan masyarakat yang ingin merayakan keberhasilan aspirasinya berupa infrastruktur lokal seperti pembangunan balai dusun dan pembangunan jalan dusun. Dari satu dusun, gerakan jalan sehat berlanjut ke dusun lainnya di berbagai tempat.

“Setelah pembangunan aspirasi tuntas, masyarakat merasakan manfaatnya. Muncul usulan ingin jalan sehat merayakan bersama agar bisa kumpul semua. Saya dukung. Ternyata yang hadir banyak,” kata Mbah Bardi saat ditemui di kawasan Seyegan, Sleman, Senin (15/1/2023).

Dari gerakan ini, dusun-dusun lainnya juga mengusulkan serupa. Subardi mendukung dengan pola yang sama, yakni jalan sehat yang dipusatkan di lapangan dusun atau lapangan desa. Beberapa diantaranya memilih rute melewati hasil pembangunan aspirasi yang direalisasikan Subardi.

“Dusun-dusun lainnya juga usul, ayo mbah disini kapan sehingga berlanjut sampai sekarang. Kita bersyukur gerakan ini menjadi gerakan kolektif. Masyarakat juga senang kalau aspirasinya berhasil,” kata Mbah Bardi, sapaan akrab Ketua DPW NasDem DIY itu.

Beberapa tempat yang telah menggelar jalan sehat adalah Padukuhan Sambiroto, Banyuroto, Nangggulan, Kulonprogo. Padukuhan Sidorejo, Lendah, Kulonprogo. Padukuhan Janti, Caturtunggal, Depok Sleman. Padukuhan Papringan, Caturtunggal, Depok, Sleman. Kalurahan Sumberrejo, Tempel, Sleman.

Kegiatan jalan sehat digelar dengan berbagai acara, seperti senam massal, makan bersama, pembagian berbagai macam hadiah dan hiburan. Menurut Subardi, gerakan ini merupakan modal sosial untuk menyehatkan masyarakat sekaligus memperkuat kolaborasi. Bermula dari perjuangan aspirasi untuk kepentingan bersama, masyarakat kini semakin terjalin ikatan antar individu maupun dengan lingkungannya.

“Saya selalu mendukung gerakan ini untuk membentuk soliditas sosial. Ada semangat kolaborasi dan semangat membangun dusunnya. Melalui jalan sehat, rasa kebersamaan itu semakin kuat,” tutup Subardi. (NK)

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles