24.5 C
Yogyakarta
Rabu, Februari 21, 2024

Mbah Bardi Yakin Pesepak Bola Nasional Mampu Tembus Level Dunia

Anggota DPR RI dari Partai Nasdem, Subardi meyakini atlet sepak bola nasional mampu bermain di level top Eropa atau kancah internasional. Keyakinan Mbah Bardi berangkat dari pembinaan atlet usia dini yang mulai bagus sejak di tingkat Kabupaten.

Subardi, sebagai tokoh sepak bola nasional, sering kali mendukung berbagai turnamen sepak bola usia dini, terutama di Yogyakarta. Terakhir, pada Minggu (12/11/2023) ia mensponsori dan hadir langsung menyaksikan turnamen Gazeta Cup 2023 di Lapangan Sidorejo, Kapanewon Lendah, Kulonprogo. Menurutnya, turnamen efektif memunculkan bibit baru sepak bola nasional.

“Saya terus mendukung turnamen usia dini. Memang harus digelar di tingkat Kecamatan atau Kabupaten. Ini bagian dari pembinaan demi mencetak atlet sepak bola handal,” kata Mbah Bardi, Kamis (30/11/2023).

Gazeta Cup sendiri diikuti para peserta dari Sekolah Sepak Bola (SSB) di DIY dan Jawa Tengah. Para peserta berusia antara 9 sampai 10 tahun. Menurut Mbah Bardi, usia tersebut ideal untuk membina atlet sepak bola sejak dini. Dari pembinaan inilah, fisik, mental dan profesionalisme sebagai pesepak bola mulai terbentuk.

“Secara mental akan terbentuk. Secara fisik, kedisiplinan, dan profesionalisme juga mulai terlatih. Anak-anak akan terbiasa bertanding dengan sportif. Saya yakin atlet kita akan tembus di level top Eropa,” ujarnya.

Kepada pelatih, Mbah Bardi meminta metode yang dilatih agar beradaptasi dengan taktik sepak bola modern. Ia juga mengusulkan agar pelatih juga menceritakan kisah sukses pesepak bola senior yang kini banyak bermain di negara top, seperti Jepang.

Mbah Bardi menilai pembinaan tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan. Untuk mencetak atlet yang unggul, dibutuhkan dorongan orang tua dan pola latihan secara reguler, tanpa mengabaikan sisi akademik anak. Menurutnya, pembinaan yang konsisten akan mendorong anak-anak tumbuh mengikuti proses sebagai pesepak bola secara alami.

“Tidak ada yang instan. Semua butuh proses termasuk usaha menembus liga dan timnas. Saya selalu mendukung upaya pembinaan usia dini dengan menyaksikan langsung turnamen-turnamen,” tutup Ketua DPW NasDem DIY ini. (NK).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles