24.6 C
Yogyakarta
Kamis, November 24, 2022

4 Pilar Pedoman Demokrasi

Anggota MPR RI dari Fraksi Partai NasDem, Subardi mengajak seluruh anak bangsa agar memahami ajaran Empat Pilar Kebangsaan, sebagai bekal menuju Pemilu 2024. Nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah pemandu demokrasi di Indonesia.

“Empat Pilar Kebangsaan adalah pemandu demokrasi agar ruang publik sehat dan terdidik. Panduan dari Empat Pilar akan memperbaiki kualitas demokrasi, terutama saat ini memasuki tahun politik,” kata Subardi saat melakukan Sosialisasi Empat Pilar di Balai Kelurahan Pacarejo, Kapanewon Semanu, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Jumat (23/9).

Menurut Subardi yang juga anggota Komisi VI DPR RI itu, betapapun suhu politik kian panas, ruang publik tidak boleh diisi dengan narasi yang memecah belah persatuan. Ia khawatir jika tidak ada kesadaran dari para kontestan pemilu, dinamika politik akan terus diwarnai silang pendapat yang melelahkan. Terlebih saat ini era disrupsi informasi dan post truth politics sangat mudah menyebarkan kebencian dan berita bohong.

“Sebagai dinamika menuju 2024, silang pendapat tidak boleh mencemari ruang publik. Pemahaman ini harus dimulai dari partai politik sebagai peserta pemilu,” tambahnya.

Gejala-gejala yang biasanya terjadi memasuki tahun politik antara lain politisasi SARA (Suku, Agama, Ras dan Antargolongan) hingga tuduhan rekayasa penyelenggaraan pemilu. Isu rekayasa tersebut akan membuat krisis kepercayaan terhadap negara, dan berpotensi menciptakan konflik antarpendukung kontestan pemilu.

“Isu yang menyebabkan distrust terhadap negara adalah kontra nasionalisme. Kita harus berbenah karena tantangan menuju 2024 terasa berat. Sisa polarisasi itu masih ada,” tutup Legislator NasDem dari Dapil DIY itu.

Dalam Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan itu, Subardi menggandeng banyak pihak seperti tokoh masyarakat Semanu Gunungkidul, pelaku UMKM, mahasiswa, dan kader Partai NasDem Gunungkidul. Pada kesempatan itu Subardi juga mengajak masyarakat agar aktif terlibat dalam persiapan menuju Pemilu 2024.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles