25.3 C
Yogyakarta
Senin, Oktober 3, 2022

NasDem Dukung Gagasan Pembangunan dari Forum Guru Besar Yogyakarta

Sejumlah guru besar dan doktor yang tergabung dalam Forum 2045 bertemu dengan perwakilan Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera di Yogyakarta. Agenda ini membahas sejumlah kajian soal tantangan bangsa di masa depan.

Ketua Forum 2045 Dr. Untoro Hariadi mengatakan, pihaknya konsen dengan berbagai persoalan maupun konsep pembangunan nasional, terutama terkait kesejahteraan sosial. Pertemuan dengan anggota perlemen yang mewakili Dapil DIY untuk membahas bentuk kolaborasi yang lebih konkret, antara komunitas akademik dan masyarakat politik.

“Kalangan akademisi maupun parpol sama-sama memiliki konsen untuk menyiapkan Indonesia menjadi lebih baik. Kami ingin menghasilkan berbagai rekomendasi yang berguna bagi para pengambil kebijakan,” ujar Untoro di Hotel Hyatt Yogyakarta, Sabtu (10/9).

Kalangan akademisi prihatin dengan maraknya praktik politik berbiaya tinggi dalam proses regenerasi kepemimpinan di berbagai tingkatan. Dia pun meminta semua pihak untuk mencari terobosan baru guna mengurangi biaya politik dalam ajang kontestasi demokrasi.

“Pada 2024, regenerasi kepemimpinan bangsa harus disukseskan. Ini merupakan agenda penting yang harus didukung oleh segenap anggota masyarakat,” terang akademisi dari Universitas Janabadra Yogyakarta itu.

Sementara Ketua DPW Partai NasDem DIY, Subardi mengatakan, dialog dengan akademisi sangat penting. Ia berharap jalinan kolaborasi antar keduanya agar dikelola secara berkelanjutan. Di kesempatan itu pula, Subardi menyampaikan bahwa jalan politik NasDem adalah politik kebangsaan. Dengan konsep itu, Partai NasDem lebih disiplin bekerja dalam rel kebangsaan.

“Asas politik di Partai NasDem jelas, yakni politik kebangsaan. Bagaimana kerja-kerja politik itu mampu membawa bangsa lebih beradab dan lebih sejatera, karena ini menyangkut hajat hidup orang banyak,” ujar Anggota Komisi VI DPR RI itu.

Menurut Subardi, Partai NasDem selalu mengacu pada kajian akademik, analisis ilmiah, gagasan berbasit riset, maupun aspirasi dari kelompok intelektual. Ia juga mencontohkan, pada 19 Agustus 2022, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh bertemu dengan 17 guru besar dari sejumlah universitas ternama di Nasdem Tower Jakarta. Surya Paloh menyebut para guru besar adalah tumpuan bangsa.

“NasDem tidak akan jauh dari kelompok intelektual karena itu penting untuk memperkaya perspektif pembangunan,” jelas Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Forum guru besar 2045 dihadiri antara lain perwakilan guru besar dari Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, UIN Sunan Kalijaga, Universitas Janabadra, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) AAN Yogyakarta, dll. (NK).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles