30.1 C
Yogyakarta
Sabtu, Juli 27, 2024

Christina Retnaningsih dan Kiprah “Perempuan Berdaya-Perempuan Bisa”

Sosok Christina Ari Retnaningsih di bidang sosial dan pemberdayaan perempuan dikenal luas di Yogyakarta. Ia adalah tokoh perempuan yang aktif di sejumlah organisasi sosial, organisasi keagamaan, Ketua Himpunan Pengusaha Mikro Kecil Menengah Indonesia Gunungkidul, hingga Ketua Perempuan Jenggala Yogyakarta.

Saat ini, Wakil Ketua DPW NasDem DIY Bidang Perempuan dan Anak itu, tengah menyusun program-program strategis untuk Tahun 2022. Salah satunya adalah program “Perempuan Berdaya-Perempuan Bisa.” Program ini mengusung tagline pemberdayaan sampai tuntas. Sasarannya antara lain kelompok perempuan milenial, perempuan pekerja seni budaya, perempuan kelompok Koperasi dan UMKM serta kelompok perempuan bidang pendidikan.

“Pemberdayaan itu idealnya meningkatkan kompetensinya sekaligus membuka akses untuk kiprahnya. Sehingga program ini konkrit dan tuntas, tidak berhenti di awal atau sekedar seremonial saja,” ucap Christina di kantor DPW NasDem DIY, Baciro, Gondokusuman Kota Yogyakarta, Rabu, (5/1).

Pernyataan Christina disampaikan usai rapat konsolidasi bidang perempuan dan anak DPW. Turut hadir perwakilan anggota Garnita Malahayati NasDem se-DIY. Rencananya program ini akan dimulai pada kuartal pertama tahun 2022.

“Misalnya pelatihan untuk kelompok perempuan UMKM. Mereka akan dilatih marketing digital, dibantu akses modal hingga pemasarannya agar tembus ke jaringan ritel modern,” jelas Christina seraya diapresiasi oleh jajaran Garnita NasDem DIY.

Dengan tagline pemberdayaan sampai tuntas, program ‘Perempuan Berdaya-Perempuan Bisa’ akan menggandeng jaringan politik yang dimiliki NasDem, mulai dari Anggota DPR RI, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota.

“Dukungan dari seluruh kekuatan NasDem menegaskan bahwa program ini serius. Seluruh jaringan NasDem di Yogyakarta akan terlibat. Dengan soliditas itu, kami ingin buktikan bahwa perempuan Yogyakarta memiliki potensi yang selama ini terpendam,” tegasnya.

Kiprah Christina di bidang sosial maupun pemberdayaan perempuan bukan kali ini saja. Sepanjang tahun 2021 ia banyak terlibat dalam program-program DPW NasDem DIY. Diantaranya menyukseskan program vaksinasi NasDem Peduli serta program bantuan modal untuk perempuan mandiri. Terakhir adalah penyerahan bantuan ribuan bibit pohon untuk masyarakat Agrowisata di Tamanmartani, Prambanan, Sleman. Program yang juga rangkaian acara Rakorwil itu dihadiri oleh Ketua Komisi VII DPR RI sekaligus Ketua Pemenangan NasDem DIY-Jateng, Sugeng Suparwoto. (NK).

Pelaksanaan vaksinasi massal dan penyerahan ribuan bibit pohon oleh Ketua Pemenangan NasDem DIY-Jateng, Sugeng Suparwoto (tengah) bersama Ketua DPD NasDem Sleman, Surana (kanan) dan Wakil Ketua DPW NasDem DIY bidang Perempuan dan Anak, Christina Retnaningsih (kiri).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles