25.3 C
Yogyakarta
Senin, Oktober 3, 2022

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul Jadi Relawan Covid-19

Menjadi relawan Covid-19 tak melulu dari kalangan aktivis sosial maupun dari kalangan tenaga medis. Adalah Suharno, Wakil Ketua DPRD Gunungkidul itu sejak beberapa bulan terakhir mengabdi sebagai relawan Covid di Gunungkidul.

Apa hal yang mendorongnya? Politisi yang juga Sekretaris Wilayah DPW NasDem Yogyakarta itu tergerak karena merasa pilu melihat masyarakat butuh pertolongan cepat. Apalagi sejak bulan Juli lalu terjadi lonjakan kasus positif Covid. Ia pun “menyulap” mobilnya menjadi Ambulan. Siapapun bisa memanfaatkan layanan ini. Bahkan ia sering mengantarkan sendiri urusan gawat darurat ini.

“Kadang tengah malam hanya berdua sama anak saya membawa jenazah Covid-19. Saya ikut menunggu dari pemulasaran jenazah sampai ke pemakaman,” ujar Suharno kepada awak media nasdemjogja.id, Jumat (6/8).

Dalam berjibaku menangani pasien Covid, ia dibantu oleh tim relawan yang dibentuknya. Relawan ini aktif mengurus penanganan Covid. Bila tidak ada panggilan mengantar jenazah, Suharno sering turut mengantar pasien Covid yang kondisinya parah dan butuh dibawa cepat ke rumah sakit.

“Harus standby 24 jam. Pernah waktu itu saya bersama tim menguburkan jenazah Covid dalam semalam hingga dua kali. Saat itu angka kematian cukup tinggi. Saking capeknya saya sampai ketiduran di ambulan pakai APD,” cerita Suharno didampingi sang putra, Rian Eko Wibowo yang juga legislator NasDem di DPRD Gunungkidul.

Dengan turun langsung menjadi relawan Covid, Suharno merasakan langsung betapa berat beban relawan, baik secara fisik maupun psikologis. Hingga saat ini ia membiayai seluruh operasional timnya agar penanganan Covid berjalan lancar. Dalam setiap tugasnya sebagai relawan, politisi penggemar benda pusaka itu tak henti-hentinya mengajak masyarakat patuh terhadap protokol Covid.

“Jangan abaikan wabah ini. Ancamannya nyata dan mematikan. Khusus kepada relawan, saya menaruh hormat kepada mereka, siapapun dan dimanapun mereka bekerja,” jelasnya.

Sebagai wakil rakyat dan kader Partai NasDem, berbagai bantuan terus mengalir untuk masyarakat terdampak Covid. Baru-baru ini ia bersama Ketua DPW Subardi dan pengurus DPD Gunungkidul menyalurkan bantuan bahan pangan, bantuan masker, penyemprotan disinfektan, dan pembagian Alat Perlindungan Diri. (NK).

Suharno saat memakai APD (belakang mobil, paling kanan) bersama timnya hendak memakamkan jenazah Covid.

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles