22.5 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Target 100% Vaksin Warga Kota Yogyakarta Dinilai Realistis

Pemerintah Kota Yogyakarta terus menggencarkan program vaksinasi untuk masyarakat. Sebagaimana dikutip dari situs resmi Pemkot Kota, seluruh warga yang bermukim di Kota Yogyakarta ditaregtkan divaksin 100 persen di akhir bulan Agustus 2021. Sampai saat ini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Emma Rahmi Aryani mengungkapkan penduduk Kota Yogyakarta yang sudah divaksin sekitar 127.000 atau sekitar 60 persen.

Ketua DPW NasDem Daerah Istimewa Yogyakarta, Subardi mendukung target ini. Ia siap membantu program vaksinasi melalui Fraksi NasDem di DPRD Kota Yogyakarta dengan dukungan anggaran, maupun program terkait. Hanya saja Pemkot Kota perlu memastikan stok vaksin aman hingga target tercapai.

“NasDem jelas mendukung target ini. Kami memiliki Wakil di Satgas Covid DPRD. Saya pikir target ini realistis jika stok vaksin dipastikan aman. Memang target itu harus dikebut. Kuncinya jangan persulit administrasi vaksin dan perbanyak pos-pos vaksinasi agar warga semakin antusias,” kata Subardi, Selasa, (3/8).

Saat ini, Pemkot Kota juga menyalurkan bantuan sosial dari Kementerian Sosial bersamaan dengan vaksinasi. Menurut Anggota Komisi VI DPR RI itu, distribusi bantuan sosial berupa beras perlu dijadikan contoh agar seluruh program di bawah Pemkot digabung dengan vaksinasi.

“Agar lebih cepat mencapai target 100 persen vaksin, seluruh program Pemkot digabung dengan program vaksin. Misalnya, layanan kependudukan dan transportasi. Itu kan dibutuhkan semua masyarakat. Pemkot bisa menggabung layanan itu dengan program vaksin,” jelas Mbah Bardi, sapaan akrabnya.

Usulan ini diyakini mampu mengejar sisa 40 persen warga Kota Yogyakarta yang belum divaksin. Subardi juga menjelaskan, banyak Instansi lain yang mewajibkan vaksin sebagai syarat untuk beraktivitas. Pemprov DKI Jakarta misalnya, warga disana tidak bisa menjalankan aktivitas perekonomian kalau belum divaksin. Begitupun dengan Kementerian Perhubungan yang mewajibkan vaksin sebagai salah satu syarat perjalanan.

“Pemkot jangan ragu untuk kejar target. Bila berhasil, ini menjadi prestasi bagi seluruh pihak yang terlibat. Baik itu DPRD, Satgas, Relawan, dan Tenaga Kesehatan di Kota Yogyakarta,” pungkas Subardi. (DN).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles