24.3 C
Yogyakarta
Kamis, Juli 18, 2024

Fasilitas Difabel di Gunungkidul Belum Memadai

Berbagai fasilitas publik bagi penyandang disabilitas di Gunungkidul dinilai belum memadai. Ini terlihat di sejumlah fasilitas umum seperti keterbatasan akses transportasi yang harus diakui tak berpihak bagi para difabel. Kalau pun sudah ada, kondisinya tidak membantu ataupun memudahkan bagi penyandang disabilitas.

“Sampai saat ini fasilitas untuk saudara kita yang berkebutuhan khusus belum memadai. Jangankan akses untuk mendapat perlakuan yang sama di bidang pelayanan publik, fasilitas seperti penyediaan torotoar khusus belum ada,” kata Purwadi Anggota DPRD Gunungkidul F-NasDem, Rabu (7/4).

Politisi muda itu menyoroti minimnya perhatian Pemkab, terutama soal pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan, kesehatan, transportasi dan beberapa bidang profesi. Solusinya, Pemkab harus segera menjalankan amanah Perda No. 6 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

“Mengingat angka penyandang disabilitas di Gunungkidul mencapai 2.980 jiwa atau angka tertinggi se-DIY. Saya kira konsisten saja dengan Perda. Jangan sampai minimnya fasilitas justru memperbesar kesenjangan antara penyandang disabilitas dengan masyarakat umum,” ujarnya.

Melalui Perda 9/2016 ia siap mengawal realisasi program pemenuhan hak disabilitas hingga urusan pelayanan publik yang paling bawah, seperti aksebilitas di balai desa. Selain itu, ia akan fokus memperhatikan penyediaan sarana di sekolah inklusi yang menurutnya belum ramah difabel.

“Di sekolah inklusi ternyata belum semuanya memenuhi standar bagi difabel. Contohnya sarana kursi roda yang jalurnya mulai rusak dan kondisinya curam. Ini menyulitkan dan membahayakan,” katanya.

Dalam skala nasional, perlindungan bagi difabel atau penyandang disabilitas sudah diatur dalam UU No.8 tahun 2016. Aturan itu mewajibkan negara memenuhi hak penyandang disabilitas, baik hak ekonomi, politik, sosial maupun budaya. (SM).

Related Articles

- Advertisement -spot_img

Latest Articles