25 C
Yogyakarta
Sabtu, April 13, 2024

Garnita Siap Cetak Kader Wanita Menjadi Pemimpin

Garda Wanita (Garnita) Malahayati Partai NasDem DIY secara resmi dilantik pada Jumat (10/3/2023). Ketua DPW Nasdem DIY Subardi menjelaskan, Garnita akan berperan penting di tengah masyarakat dengan keterlibatan para pejuang wanita. Dengan pelantikan ini, Garnita akan terus menyiapkan kader terbaiknya sebagai pemimpin.

“Garnita memberi kesempatan wanita menjadi kader, tampil di dunia politik, dan mendapat dukungan suara yang banyak. Karena sekarang banyak kepala daerah perempuan yang benar-benar terlatih dari kaderisasi,” kata Subardi, Jumat (10/3/2023).

Kaderisasi Garnita dibangun dari unsur wanita dan berkontribusi di berbagai bidang. Kini, Garnita di seluruh Yogyakarta memiliki struktur yang kuat dan merata.

“Garnita ini memiliki struktur yang sudah terbentuk seluruh DIY hingga tingkat dusun. Infrastruktur partai kami sudah lengkap dengan peran Garnita,” kata Anggota Komisi VI DPR itu.

Ketua DPW Garnita NasDem DIY, Christina Ari Retnaningsih memastikan siap berkontribusi untuk Partai Nasdem dari unsur wanita. Pada pelantikan ini, Garnita di seluruh wilayah DIY telah mencapai lebih dari seribu kader wanita aktif di NasDem.

“Jumlahnya ribuan kalau dari semua wanita unsur Nasdem, misalnya di Bantul saja yang aktif dalam kegiatan itu sampai 1.800 wanita. Ini salah satu tugas kami membangun kader perempuan untuk bisa duduk di kursi legislatif,” kata Christin, sapaan akrabnya.

Sejumlah kegiatan yang digencarkan Garnita Yogyakarta antara lain pembinaan dan pelatihan UMKM, khususnya kelompok usaha wanita. Garnita DIY juga memberikan advokasi terhadap tindak pidana kekerasan terhadap perempuan dan anak. Menurut Christin, di struktur Garnita telah dibentuk lembaga perlindungan khusus menangani perempuan dan anak.

“Kami peka terhadap kelompok marjinal perempuan dan anak, dan kami terus memberikan pendampingan. Secara struktur sudah ada,” ujarnya.

Ketua Umum Garnita Malahayati Indira Chunda Thita Syahrul menambahkan, pihaknya konsisten mengemban visi misi Partai NasDem. Dalam pergerakannya, Garnita dilandasi semangat Laksamana Malahayati, seorang pejuang wanita dari tanah Aceh.

“Kader Garnita Malahayati harus setangguh Laksamana Malahayati pejuang wanita dari Aceh. Kita optimis Garnita Malahayati mampu berkontribusi untuk negara,” terang dia.

Sekretaris Jendral, Joice Triatman menyatakan, kader wanita NasDem akan berperan di berbagai kegiatan untuk membantu meningkatkan suara di Pemilu 2024. Dengan struktur yang kuat, ia memastikan NasDem telah memenuhi unsur 30 persen perempuan.

“Garnita Malahayati akan membantu partai dalam meraih target 100 kursi di DPR RI,” ujarnya. (NK).

Related Articles

- Advertisement -

Latest Articles